Presiden Jokowi Lantik Tiga Pasangan Gubernur Hari Ini

0
2485
Presiden Jokowi Lantik Tiga Pasangan Gubernur Hari Ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Bagikan Berita Ini
  • 109
    Shares

TEROPONGMETRO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini diagendakan melantik tiga gubernur dan wakil gubernur (wagub). Seperti diketahui ketiga Gubernur dan wagub ini terpilih di pilkada serentak tahun 2020.

Tiga kepala daerah yang dilantik yaitu gubernur dan wagub Sumatera Barat (Sumbar), Kepulauan Riau (Kepri), dan Bengkulu.

BACA JUGA: Apresiasi Vaksin Merah Putih, DPR Berharap Semoga Corona Cepat Berlalu

“Betul. (Gubernur-Wakil Gubernur) Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu (yang akan dilantik),” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, pada Wartawan, Kamis (25/2/2021).

Gubernur Wagub Sumbar terpilih yakni Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy. Pasangan ini memenangkan pilkada Sumbar dengan perolehan suara sebanyak dengan memperoleh 726.853 suara.

Lalu Gubernur dan Wagub Kepri terpilih yakni Ansar Ahmad-Marlin Agustina. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang pilkada setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan sengketa hasil pilkada. Pasangan ini menang dengan perolehan suara 308.553.

Gubernur dan Wagub Bengkulu terpilih yakni Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah. Pasangan ini ditetapkan sebagai pemenang pilkada Provinsi Bengkulu setelah MK menolak gugatan sengketa pilkada. Pasangan ini menang dengan suara 418.080.

BACA JUGA: Walikota Tegal Laporkan Wakilnya ke Polisi, Ganjar Minta Keduanya Damai

Jokowi sebelumnya melantik Gubernur serta Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Utara (Sulut) masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara Jakarta, Senin 15 Februari 2021. Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara yang dilantik adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.

Selain itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang dilantik yakni petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara tercatat tidak memiliki gugatan Pilgub dalam Pilkada 2020 sehingga mereka dilantik paling awal oleh Jokowi. (mat)


Bagikan Berita Ini
  • 109
    Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here