BGR Logistics Bantu UMKM Lewat Aplikasi Warung Pangan di Surabaya

0
1212
BGR Logistics Bantu UMKM Lewat Aplikasi Warung Pangan di Surabaya
Acara Talkshow dan Commercial Launching Warung Pangan di Surabaya. Jawa Timur
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – BUMN Klaster Pangan yang bergerak di bidang logistik, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics meluncurkan secara komersial sekaligus menghadirkan Warung Pangan di Surabaya, Jawa Timur dalam rangka membantu pelaku UMKM.

“Warung Pangan dikembangkan oleh BGR Logistics dan resmi dirilis pada bulan Agustus 2020 atas inisiasi dari Kementerian Koperasi & UKM bersinergi dengan Kementerian BUMN, tujuannya adalah untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga, UMKM go digital dan berbelanja aman di tengah pandemi, serta untuk membantu para petani, peternak, nelayan yang selama ini kesulitan untuk memasarkan produknya,” ujar Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jum’at (26/2/21).

BACA JUGA: RM Cafe Yang Jadi Lokasi Penembakan Resmi Disegel Secara Permanen

“Dengan demikian, para UMKM atau pemilik usaha warung akan tergerak bergabung menjadi mitra “Warung Pangan”, dan ikut mensukseskan program yang telah dicanangkan Pemerintah demi terwujudnya UMKM go digital dan ketahanan pangan di Indonesia,” jelas Kuncoro.

Menurut Kuncoro, setelah Warung Pangan sukses dengan 8.000 Warung yang terdaftar sebagai mitra “Warung Pangan” di Jabodetabek dan Bandung sejak diluncurkan pada Agustus 2020, kini Warung Pangan besutan BGR Logistics resmi hadir dan siap membantu Warung UMKM di Surabaya agar bisa berbelanja stok bahan pangan warungnya dengan mudah.

Kuncoro menjelaskan, seluruh transaksi di Warung Pangan bebas ongkos kirim dengan minimal pembelian Rp 100 ribu. Pilihan pembayaran pun beragam mulai dari Cash on Delivery (COD), via transfer Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA hingga menggunakan Dana dan LinkAja.

BACA JUGA: Meriahkan HUT Ke-233 Kota Denpasar, Hipakad Bali Bagikan Masker Di Terminal Kreneng

Melalui aplikasi Warung Pangan para pemilik usaha juga memanfaatkan beberapa fitur menarik. Seperti WP Asik, WP Fund, WP Bayar Nanti yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha warungnya.

“Aplikasi Warung Pangan dapat memberikan stok kebutuhan bahan pangan dengan harga stabil dan relatif lebih terjangkau bagi masyarakat,” kata Kuncoro.

Mendapat dukungan penuh dari Pemerintah melalui Kementerian Koperasi & UKM, Kementerian BUMN, serta dengan bergabungnya BGR Logistics dalam Holding BUMN Klaster Pangan bersama PT RNI (Persero), PT Perikanan Indonesia (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Garam (Persero), PT Pertanian Indonesia (Persero), PT Berdikari (Persero) dan PT Sang Hyang Seri (Persero), aplikasi “Warung Pangan” dapat memberikan stok kebutuhan bahan pangan dengan harga stabil dan relatif lebih terjangkau bagi masyarakat.

BACA JUGA: KPK Usut Aliran Uang Suap Ekspor Benur Ke Perusahaan Milik Edhy Prabowo

Selain menggandeng BUMN Klaster Pangan sebagai pihak yang memasok bahan pangan, BGR Logistics juga mengajak pihak swasta dan koperasi untuk memenuhi bahan pokok di warung.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi & UKM Eddy Satria mengatakan bahwa pihaknya fokus pada beberapa transformasi, di antaranya transformasi informal, transformasi digital, transformasi rantai pasok serta koperasi modern yang selaras dengan program warung pangan sebagai program yang dapat dijalankan ke depannya.

“Kami sangat senang dengan inisiatif BGR Logistics dengan Warung Pangan ini untuk memangkas rantai pasok yang panjang dan memulihkan UMKM di Indonesia,” ujar Eddy.

BACA JUGA: Bang Yos: Kok Cuma Anies yang Digebuki, Padahal Banjir Dimana-mana

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi menyampaikan bahwa dengan sinergi program Warung Pangan untuk bangkitkan UMKM di Jawa Timur yang sejalan dengan semboyan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu Jawa Timur Bangkit akan sangat bagus untuk bersama-sama membukakan pasar untuk UMKM di Jawa Timur.

“Saya berharap Warung Pangan ini sangat mendukung produsen UMKM dalam ketersediaan pasar bagi mereka. Harapan ke depannya bersama-sama dengan Kementerian Koperasi & UKM serta BGR Logistics dengan Warung Pangannya dapat menggeliatkan kembali UMKM di Jawa Timur,” tandas Mas Purnomo Hadi.(robi)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here