Jokowi Sebut Transformasi Digital Harus Jadi Win-Win Solution

0
927
Jokowi: Pandemi Ini Betul-betul Telah Menguras Pikiran Kita
Presiden Joko Widodo
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, transformasi digital harus berdasarkan win-win solution sehingga tidak mengutamakan keuntungan sepihak.

Pernyataan itu diungkapkan Kepala Negara saat berpidato pada Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2/2021).

BACA JUGA: BGR Logistics Bantu UMKM Lewat Aplikasi Warung Pangan di Surabaya

“Transformasi digital adalah win-win solution bagi semua pihak. Saya berharap agar Program Konektivitas Digital 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi baru, dengan pola pikir baru, mindset baru, dengan kesempatan bisnis global baru dan dengan masa depan baru menuju Indonesia Maju,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, konektivitas digital harus berpegang teguh pada kedaulatan bangsa, di tengah globalisasi dan siber kompetisi sekarang ini.

Diakui, transformasi digital juga merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan.

“Namun juga sangat penting menciptakan kedaulatan dan kemandirian digital. Kita harus memastikan transformasi digital jangan hanya menguntungkan pihak luar. Jangan hanya menambah impor. Ini yang selalu saya tekankan,” kata Presiden Jokowi.

BACA JUGA: RM Cafe Yang Jadi Lokasi Penembakan Resmi Disegel Secara Permanen

Menurut Presiden Jokowi, kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital kita. Transformasi digital harus mendorong tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

“Pemakaian produk-produk dalam negeri. Serta mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa,” kata Presiden Jokowi. (akh)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini