KPU Denpasar Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

0
1368
KPU Denpasar Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan
Peserta rapat koordinasi (Rakor) daftar pemilih berkelanjutan (DPB) tahun 2021 bersama pihak terkait, Kamis (4/3/2021) pagi.
Bagikan Berita Ini
  • 23
    Shares

TEROPONGMETRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menggelar rapat koordinasi (Rakor) daftar pemilih berkelanjutan (DPB) tahun 2021 bersama pihak terkait, Kamis (4/3/2021) pagi.

Rapat yang dilaksanakan dalam jaringan (daring) melalui aplikasi Google Meet ini dibuka langsung, anggota divisi Data dan Informasi KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni yang dihadiri Bawaslu Kota Denpasar, Disdukcapil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Polresta, Kodim 1611/Badung, serta perwakilan partai politik dan Awak Media.

BACA JUGA: Mendag Sebut 81% Dari Ekspor Indonesia Adalah Industri Primer Dan Manufaktur

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni, menyebutkan, sebanyak 444.929 daftar pemilih tetap ditambah 1.685 dari pemilih tambahan yang menggunakan KTP pada saat pemungutan suara.

“Daftar pemilih yang dimutakhirkan ini terdiri dari sebanyak 444.929 daftar pemilih tetap ditambah 1.685 dari pemilih tambahan yang menggunakan KTP pada saat pemungutan suara. Dengan 679 pemilih ganda, sebanyak 391 masih aktif dan 288 pemilih yang sudah non aktif, dan 1 pemilih invalid dengan nomor NIK empat digit terakhir nol,” kata Sekar.

Dewa Ayu Sekar menuturkan bahan pemutakhiran di antaranya bersumber dari DPT dan DPTb yang selanjutnya dilakukan pencermatan dan penyandingan data oleh KPU Kota Denpasar sebagai dasar data pemutakhiran.

“Untuk pencermatan dan verifikasi, kita lakukan penyandingan DPT, DPTb dan dokumen kependudukan terhadap bahan pemutakhiran,” terang Sekar.

BACA JUGA: Neraca Perdagangan Surplus, Jokowi Apresiasi Kementerian Perdagangan

Sekar menjelaskan pemutakhiran data pemilih ini terkait dengan penduduk berusia 17 tahun, melakukan mutasi, meninggal dunia, perubahan elemen data seperti status, pisah KK, perubahan pekerjaan dari sipil ke TNI Polri atau pensiunan TNI Polri.

“Penyampaian masukan atau tanggapan masyarakat dapat disampaikan secara online dengan mengunduh formulir yang ada di website KPU Kota Denpasar atau melalui layanan laporan kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan melalui aplikasi WhatsApp ke nomor 0818-0912-2020. Jika ingin melapor atau memberi tanggapan secara langsung, bisa datang ke Kantor KPU Kota Denpasar di Jl. Raya Puputan Renon, Denpasar. Tentu dengan menaati protokol kesehatan di masa pandemi Covid saat ini,” jelas Sekar.

Hasil dari proses kegiatan pemutakhiran disusun dalam form rekapitulasi. Selanjutnya disampaikan ke multipihak dalam rapat koordinasi di mana rapat dituangkan dalam berita acara. Hasil pemutakhiran ini juga setelahnya diumumkan di papan pengumuman dan website KPU Kota Denpasar sehingga dapat diakses oleh publik.

BACA JUGA: Coca Cola Amatil Mendukung Potensi Kemandirian Mahasiswa Dalam Berwirausaha

Pemutakhiran DPB 2021 yang dilakukan KPU Kota Denpasar merupakan pelaksanaan amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dalam pasal 20 huruf (l), KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kegiatan pemutakhiran ini merupakan kewajiban bagi setiap KPU di semua tingkatan. Tujuannya untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu atau pemilihan berikutnya,” tutur Sekar. (up)


Bagikan Berita Ini
  • 23
    Shares



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here