Sudah 1,46 Juta Tenaga Kesehatan Divaksin, Kapan Giliran Masyarakat Biasa?

0
816
Sudah 1,46 Juta Tenaga Kesehatan Divaksin, Kapan Giliran Masyarakat Biasa?
Proses vaksin Covid-19.
Bagikan Berita Ini
  • 28
    Shares

TEROPONGMETRO – Sebanyak 1,46 juta tenaga kesehatan telah mendapatkan suntikan pertama vaksin Sinovac. Mereka merupakan kelompok prioritas penerima vaksin karena paling rentan terpapar corona.

Lansia

Setelah nakes, lansia di atas 60 tahun yang mendapat giliran. Penyuntikan kepada mereka setelah BPOM mengeluarkan emergency use authorization kepada vaksin Sinovac untuk usai di atas 60 tahun.

Beriringan dengan lansia, petugas publik pun menjadi kelompok prioritas vaksin. Jumlah kedua kelompok ini sekitar 38,4 juta orang.

Petugas Publik

Petugas publik yang sudah mendapat jatah antara lain pedagang, wartawan, dan petugas transportasi umum. Kemudian atlet, polisi, TNI hingga mereka yang bekerja di sektor publiknya disuntik.

Warga Rentan

Setelah mereka, giliran masyarakat rentan yang menerima vaksin. Masyarakat rentan ini juga tinggal di daerah rentan atau zona merah.

Kelompok yang dinyatakan rentan tertular COVID-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) di luar lansia adalah penderita komorbid atau yang memiliki penyakit bawaan, pekerja sektor informal, anak-anak, hingga penyandang disabilitas, dan penderita HIV positif.

BACA JUGA: Studi Menyebutkan Virus Corona Tipe B117 Lebih Menular, Masyarakat Diimbau Waspada

BACA JUGA: Bupati Badung Tebar 30 Ribu Benih Ikan Nila Di Anggungan

Dari data yang sama, jumlah vaksin yang dibutuhkan untuk vaksinasi kelompok ini 130 juta dosis. Berarti dengan estimasi setiap vaksinasi membutuhkan 2 dosis, berarti ada 65 juta orang yang disuntik.

Proses penyuntikan untuk kelompok rentan ditargetkan selesai September 2021.

Masyarakat Umum

Setelah kelompok rentan, barulah masyarakat umum yang akan menerima vaksin pada September. Total keseluruhan yang menjadi target sekitar 194 juta dosis berarti untuk 97 juta orang. Ditargetkan proses tersebut selesai pada Maret 2022.(ra)


Bagikan Berita Ini
  • 28
    Shares



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here