Langgar Zona, Filipina Bernyali Besar Dengan Menantang China Langsung

0
788
Nyali Besar Filipina Menantang China Langsung, Bagaimana Dengan Indonesia?
Bendera China dan Filipina.
Bagikan Berita Ini
  • 29
    Shares

TEROPONGMETRO – Filipina memiliki nyali yang besar lantaran menantang langsung China karena telah melakukan serangan teritorial. Serangan teritorial yang dimaksud di sini adalah China mengirimkan ratusan kapal miliknya ke Laut China Selatan.

Hal tersebut dapat membuat tegang antara Negeri Tirai Bambu tersebut dengan tetangga dekat Indonesia satu ini. Adalah Salvador Panelo, Penasihat Hukum Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang mengatakan bila ratusan kapal China di Laut China Selatan bak sebuah noda.

Pasalnya, kapal-kapal tersebut hadir di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina, yang mana sangat tidak diinginkan dalam hubungan Manila-Beijing. Selain itu, Salvador Panelo menilai bahwa kehadiran kapal-kapal China tersebut dapat memicu permusuhan yang tidak diinginkan kedua negara.

“Kami bisa bernegosiasi tentang masalah yang menjadi perhatian dan keuntungan bersama,” buka Salvador Panelo dinukil dari Reuters.

“Tetapi jangan salah tentang itu, kedaulatan kami tidak dapat dinegosiasikan,” tambahnya.

Diketahui, lontaran tersebut merupakan yang paling keras selama Filipina dipimpin oleh Rodrigo Duterte. Pasalnya, Rodrigo Duterte sendiri dikenal enggan dalam mengurusi konflik dengan China karena disebutnya dapat menimbulkan potensi perang dunia.(ra)


Bagikan Berita Ini
  • 29
    Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here