Anggota Komisi IX DPR Akan Disuntik Vaksin Nusantara yang Belum Lolos BPOM

0
654
Anggota Komisi IX DPR Akan Disuntik Vaksin Nusantara yang Belum Lolos BPOM
Terawan Agus Putranto.
Bagikan Berita Ini
  • 32
    Shares

TEROPONGMETRO – Anggota Komisi IX DPR akan mendapatkan suntikan pertama vaksin Nusantara, vaksin corona berbasis sel dendritik besutan dr Terawan Agus Putranto. Wakil Ketua Komisi IX Melki Laka Lena mengatakan, vaksinasi akan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Rabu (14/4).

Meski demikian, belum diketahui ada berapa banyak anggota Komisi IX yang akan disuntik vaksin Nusantara. Namun, Melki memastikan dirinya salah satu yang akan menerima suntikan vaksin Nusantara.

“Saya ikut juga besok,” katanya.

Melki mempertanyakan dukungan BPOM terhadap pengembangan vaksin dalam negeri. Padahal, menurut dia, vaksin Nusantara memiliki potensi untuk digunakan.

“Ini harus dilihat sebagai penemuan bagus dan potensial di dukung, jadi vaksin yang bukan hanya bagi Indonesia tapi dunia. Kelas vaksin Nusantara ini kelas dunia, dia ada dampaknya nanti,” katanya.

Sejumlah Kejanggalan

Dalam rapat kerja 10 Maret 2021, BPOM telah mengungkapkan sejumlah kejanggalan dari report uji klinis I vaksin Nusantara. Dari data yang berbeda hingga proses tak sesuai standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Oleh karena itu, BPOM memang belum mengizinkan penelitian ini lanjut ke tahap uji klinis II. “Dalam hasil uji klinis vaksin I ini pembahasannya tim peneliti asing lah yang menjelaskan, yang membela dan berdiskusi, yang memproses, pada saat kita hearing. Dan terbukti proses pelaksanaan uji klinis, proses produksinya semua dilakukan tim peneliti asing tersebut,” kata Penny dalam rapat kerja dengan Komisi IX, Jumat (9/4) lalu.

Padahal, kata Penny, dalam susunan peneliti ada dari Universitas Diponegoro dan RS Kariadi. Namun tim sponsor dari AIVITA Biomedical asal AS yang lebih dominan.(akh)


Bagikan Berita Ini
  • 32
    Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here