Ramadan Tinggal Tiga Pekan Lagi, Maksimalkan Waktu Untuk Benahi Kesalehan Diri

0
942
Ramadan Tinggal 3 Pekan Lagi, Maksimalkan Waktu Untuk Benahi Kesalehan Diri
Imam Islamic Center of New York Amerika Serikat Shamsi Ali.
Bagikan Berita Ini
  • 157
    Shares

TEROPONGMETRO – Memasuki pekan kedua bulan Ramadan 1442 Hijriyah, Imam Islamic Center of New York Amerika Serikat Shamsi Ali berpesan agar momentum Ramadan yang tersisa dimaksimalkan sebaik mungkin.

“Ini bulan transformasi atau inherent change.Kita patut jadikan Ramadan sebagai bulan madrasah, bulan pendidikan. Kita menata ulang fitrah kita, yakni agar lebih intim dengan Allah Swt,” pesan Shamsi, Kamis (22/4).
Shamsi berpesan agar pasca Ramadan, bekas-bekas ketakwaan di bulan suci ini nampak dalam perilaku, tutur kata dan perbuatannya seperti dikutip dalam laman resmi Muhammadiyah.

“Yang perlu kita perbaiki adalah akhlak kita, terhadap sesama, termasuk dengan non-Muslim. Teladan kita Nabi Muhammad menyebut bahwa dirinya diutus untuk menyempurnakan akhlak umatnya,” jelas Shamsi.

Oleh karena itu, Shamsi berpesan agar tidak membedakan kesalehan semata-mata hanya berhubungan dengan peribadatan ritual keagamaan di tempat terbatas seperti rumah ibadah.

Tetapi, kesalehan yang benar justru terlihat ketika berada di luar rumah ibadah dalam rangka menjalin hubungan dengan manusia atau makhluk Allah lainnya.

Berbeda dengan dunia Barat yang mayoritas memisahkan antara kesalehan ritual dengan kesalehan sosial, Islam menurut Shamsi bahkan menjadikan kesalehan sosial sebagai bukti apakah kesalehan ritualnya benar atau tidak.

“Barat yang kelihatan maju peradabannya tapi mereka hidup tidak memiliki keseimbangan pemahaman terhadap dunia dan akhirat. Semantara, Islam mengajarkan kita untuk hidup bahagia di dunia dan akhirat,” imbuhnya.(MD)


Bagikan Berita Ini
  • 157
    Shares



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here