Yuni Atuti Calon Kuat Pengganti Hanafi Rais di DPR Pilih Mundur Dari PAN

0
3744
Yuni Atuti Calon Kuat Pengganti Hanafi Rais di DPR Pilih Mundur Dari PAN
Yuni Astutik menunjukkan surat pengunduran dirinya sebagai anggota dan pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) DIY, Rabu (21/4/2021).
Bagikan Berita Ini
  • 183
    Shares

TEROPONGMETRO – Calon kuat pengganti Hanafi Rais sebagai anggota DPR dari PAN, mengundurkan diri sebagai anggota dan pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) DIY, Rabu (21/4/2021). Surat pengunduran diri telah dikirimkan ke DPP PAN dan ditembuskan ke DPW PAN DIY.

“Hari ini tepat di hari Kartini 21 April 2021, saya menyatakan mengunudurkan diri dari anggota dan kepengurusan PAN DIY. Jadi segala bentuk yang berhubungan dengan PAN, saya tidak ada hak lagi,” kata Yuni menyatakan sikap politik saat buka puasa, di Yogyakarta, Kamis (22/4/2021).

Yuni sendiri merupakan calon pengganti Hanafi sebagai anggota DPR RI dari Dapil DIY. Yuni menduduki peringkat ke 2 perolehan suara DPR RI dari PAN di bawah Hanafi untuk daerah pemilihan DIY.

“Setelah dengan berbagai pertimbangan panjang dan matang, saya putuskan mundur dan tidak mengambil hak saya untuk duduk di DPR RI,” kata Yuni.

Yuni mengakui ada sejumlah persoalan dengan internal PAN. Meskipun demikian, Yuni enggan merinci tentang persoalan internal tersebut.

“Persoalannya kompleks, dari partai terutama. (Kondisi ini) membuat saya jadi sulit untuk mengambil peluang itu. Jadi saya ikhlaskan saja untuk lainnya,” ungkap Yuni.

“Saya tak mau membahas itu (persoalan internal PAN). Biarlah saya bebas melanjutkan langkah. Masa depan saya di politik masih panjang,” sambung Yuni.

Yuni mengaku sikap politiknya ini sekaligus untuk menjawab rasa penasaran dari masyarakat. Yuni meminta maaf kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya, untuk maju dalam pencalonan DPR. Hanya saja peluang untuk menggantikan Hanafi tidak diambil dengan memilih mundur dari PAN.

“Saya berjanji tetap akan berjuang dengan cara saya sendiri maupun dengan cara yang lain,” katanya.

Mengenai alasan dirinya mundur dari PAN,  Yuni mengaku mempunyai feeling yang kuat, jika dirinya ridak pas dan nyaman di PAN. Sehingga harus mundur dan mengalah, tetapi bukan berarti dirinya kalah.

“Saya mundur murni keinginan pribadi, karena merasa kurang nyaman dan pas. Buat apa saya berjuang kalau tidak nyaman. Masih ada cara lain untuk berjuang,” katanya.

Yuni mengatakan surat pengunduran dirinya sudah dia kirimkan ke DPP PAN dan ditembuskan ke DPW PAN DIY. Secara otomatis apa yang menjadi hak sebagai calon DPR melalui proses PAW hilang. Yuni sendiri belum menentukan langkah untuk bergabung dengan partai politik lain.

“Yang menawari saya banyak, tapi alasan mundur bukan karena itu.  Alasan mundur sekali lagi saya tegaskan karena kurang nyaman dan kurang sreg di partai sekarang ini,” katanya. (ra)


Bagikan Berita Ini
  • 183
    Shares



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here