Kelamaan di Pondok Pesantren, PBNU Usul Santri Boleh Mudik

0
504
Kelamaan di Pondok Pesantren, PBNU Usul Santri Boleh Mudik
Ilustrasi santri pondok pesantren.
Bagikan Berita Ini
  • 31
    Shares

TEROPONGMETRO – Jubir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengklarifikasi pernyataannya yang menyebut Ma’ruf meminta dispensasi kepada santri agar bisa mudik ke kampung halaman masing-masing.

“Ide untuk memfasilitasi kepulangan santri itu bukan dari Wapres. Tetapi itu usulan PBNU, setelah PBNU mendapat banyak keluhan dari sejumlah ulama pimpinan pesantren. PBNU kemudian menyampaikan hal tersebut pada Wapres lewat jubir Wapres,” kata Masduki dalam pernyataannya kepada wartawan, Jumat (23/4).

Usulan tersebut, kata Masduki, disampaikan dengan pertimbangan bahwa santri belajar dalam waktu yang lama di asrama dan belum pulang dalam waktu yang lama juga.

“Kedua, kepulangannya memakai kendaraan khusus/sewa bus sampai ke tujuan. Ketiga, mereka mematuhi standar protokol kesehatan,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Masduki, kemudahan mudik bagi para santri sudah dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. “Atas dasar itu, maka Wapres meminta agar PBNU membuat surat pada Mabes Polri/Kaditlantas untuk meminta izin agar difasilitasi kepulangan mereka,” ujarnya.

Dengan demikian, Masduki kembali menegaskan ide dispensasi mudik untuk santri bukan usulan Ma’ruf. Ma’ruf hanya merespons ulama pemimpin pesantren yang khawatir santrinya tidak bisa pulang karena terhalang di jalan.

“Jadi ide ini bukan dari Wapres, tetapi Wapres merespons terhadap ulama-ulama pimpinan pesantren yang khawatir santrinya enggak bisa pulang terhadang di jalan,” katanya.

Tanggapan Satgas

Satgas Penanganan COVID-19 menyatakan masih memberlakukan aturan larangan mudik yang telah diputuskan.”Belum ada pembahasan terkait hal ini. Peniadaan mudik masih sama seperti yang sudah diputuskan,” kata jubir Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, kepada wartawan, Jum’at (23/4/2021).

Wiku belum bisa memastikan apakah permintaan Wapres Ma”ruf akan menjadi pertimbangan Satgas COVID-19 atau tidak.(ra)


Bagikan Berita Ini
  • 31
    Shares



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here