Mal Dipadati Pengunjung, Perlu Evaluasi soal Prokes

0
624
Mal Dipadati Pengunjung, Perlu Evaluasi soal Prokes
Suasana pusat pembelanjaan.
Bagikan Berita Ini
  • 15
    Shares

TEROPONGMETRO – Sejumlah mal di Kota Bandung, Bandung, padat dikunjungi pengunjung pada Minggu (9/5). Kepadatan terjadi seperti di kawasan pusat perbelanjaan Jl. Dalem Kaum dan Jl. Otto Iskandar Dinata. Seperti Pasar Baru Trade Center, Kings Mall, Yogya Kepatihan, dan Plaza Parahyangan.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, menyatakan tidak menutup kemungkinan sejumlah pusat perbelanjaan akan ditutup sementara oleh Pemkot Bandung guna mencegah timbulnya kerumunan.

“Saya minta ke Satgas di lapangan dan pak Sekda sebagai ketua harian untuk terus berkoordinasi dengan Forkopimda yang ada, dengan pak Kapolrestabes juga, kalau dibutuhkan ditindak ditutup, pasti ditutup!” kata Wali Kota Bandung seperti dilansir Antara, Minggu (9/5).

Oded M Danial mengaku terus mengevaluasi timbulnya situasi kerumunan perbelanjaan tersebut bersama dengan Satgas Penanganan COVID-19. “Saya terus melakukan evaluasi terus, karena memang luar biasa masyarakat ini, seperti sudah tidak ada COVID-19,” ujarnya.

Beberapa dari pusat perbelanjaan itu nampak telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan mengatur jumlah pengunjung. Sehingga para pengunjung yang belum masuk, masih harus antre di pintu mal tersebut.

Namun di kawasan Jalan Kepatihan lalu lalang masyarakat nampak menciptakan kerumunan. Karena pengelola mal hanya mengatur pengunjung yang akan masuk ke mal tersebut.

Selain di Jalan Kepatihan, kerumunan masyarakat pun tercipta di Jalan Dalem Kaum. Jalan tersebut memang sebagiannya diperuntukkan kepada pejalan kaki.

Sekadar catatan, isu kepadatan Pasar Tanah Abang, Jakarta menjelang Lebaran juga menjadi sorotan karena masyarakat yang lalai menjalankan protokol kesehatan dalam menjaga jarak. Dikhawatirkan, kerumunan masyarakat ini akan menciptakan klaster Covid-19 yang baru.

Kawasan Pasar Tanah Abang masih ramai pada Ahad sore, 9 Mei 2021 atau empat hari menjelang Idul Fitri 1442 H yang diperkirakan jatuh pada 13 Mei 2021. Blok F dan Blok B terutama trotoar di depan kedua blok itu masih ramai.

Meski padat, terutama jika dibandingkan dengan hari-hari kerja saat periode larangan mudik, pedagang menilai kepadatannya masih lebih rendah dibanding akhir pekan sebelumnya, 1 Mei yang sangat padat.(Tm)


Bagikan Berita Ini
  • 15
    Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here