Resmi Jadi Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ma’mun Murod Utamakan Kejujuran dan Amanah

0
1127
Resmi Jadi Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ma’mun Murod Utamakan Kejujuran dan Amanah
Seremoni pelantikan rektor baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) secara luring, Selasa (25/5).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – “Bismillahirahmanirahim, saya minta saudara Ma’mun Murad untuk mengikuti apa yang saya bacakan,” demikian tutur Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengawali seremoni pelantikan rektor baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) secara luring, Selasa (25/5).

“Maka pertanyaannya saya atas nama PP Muhammadiyah, sanggupkah saudara untuk menjalankan amanah yang diamanatkan pada Saudara dengan setulus-tulusnya dan sebaik-baiknya?” lanjut Anwar.

“Insyaallah sanggup,” jawab Ma’mun Murod mantap. Mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah periode 2006-2010 ini pun dinyatakan resmi sebagai Rektor UMJ masa jabatan 2021-2025.

Memberikan sambutan, Ma’mun Murod membawakan pidato Abu Bakar Ra ketika diangkat menjadi Khalifah. Menyadari bahwa transisi UMJ yang tidak mudah, Ma’mun meminta dukungan kepada semua elemen Persyarikatan beserta semua elemen UMJ untuk bersama-sama memajukan universitas tertua milik Muhammadiyah ini.

Ma’mun mendorong kebersamaan, dukungan dan kritik konstruktif kepada dirinya agar visi UMJ memiliki good governance dan bersaing dengan top university milik Muhammadiyah lainnya bisa tercapai.

“Kejujuran dalam mengelola UMJ harus dijadikan serius sebagai amanah. Dan kedustaan dalam mengelola UMJ harus diposisikan sebagai pengkhianatan. Maka dari itu, dalam konteks kepemimpinan empat tahun mendatang, saya sangat membutuhkan masukan yang konstruktif,” tuturnya.

“Mari kita bangun secara serius UMJ yang berkemajuan, yangdibangun atas dasar kejujuran, integritas, satunya kata dengan perbuatan dengan tata kelola yang baik dan berjalan di atas satu sistem yang mapan, bukan berjalan atas semau pimpinan,” imbuhnya.

Acara dihadiri secara langsung oleh Menkopolhukam RI Mahfud MD, Ketua MPR RI Bambang Susatyo, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Hidayat Nurwahid, dan Walikota Tangsel Benyamin Dafni.

Menyaksikan secara daring dari Yogyakarta, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir berpesan kepada Murod agar mengupayakan terwujudnya good governance, semangat kesatuan sistem, transparansi dan perluasan jaringan.

“UMJ sebagai pusat pendidikan tinggi, membawa misi pembaruan, misi tajdid Muhammadiyah dalam kehidupan keumatan, kebangsaan, dan kenegaraan sesuai dengan misi dan fungsinya,” tutur Haedar.

“Saya yakin kalau kita menjalankan peran itu bisa merangkul semua, tapi juga bisa memobilisasi potensi sehingga semakin produktit kemudian mengagendakan perubahan sekaligus memproyeksikan masa depan lebih baik, di situlah letak Islam Berkemajuan,” pungkas Haedar.(md)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here