Waduh! Ada Warga Amerika yang jadi Komandan Kelompok Hamas

0
849
Waduh! Ada Warga Amerika yang jadi Komandan Kelompok Hamas
Roket Hamas vs Iron Dome Israel.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Seorang warga negara Amerika Serikat dilaporkan menjadi salah satu komandan Hamas. Dia  tewas dalam pertempuran dengan Israel pada 12 Mei  lalu.

Hal itu dilaporkan oleh Joe Truzman, kontributor Foundation for Defense of Democracies Long War Journal (FDD), pada Sabtu (22/5).

“Seorang warga negara Amerika yang dikenal sebagai Osama al-Zebda bertempur dengan Brigade Izz ad-Din al-Qassam Hamas selama konflik baru-baru ini,” tulis Teuzman dalam laporannya.

Dia mencatat bahwa Osama al-Zebda tampaknya telah menjadi target kampanye militer Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melawan Hamas di Gaza.

“Beberapa komandan dan militan Hamas tingkat menengah dilaporkan tewas selama operasi 10 hari itu, ” tulis Teuzman.

Diduga terbunuh oleh serangan udara Israel pada 12 Mei, Osama adalah anak seorang yang juga memiliki posisi penting di kelompok Hamas.

Ayah Osama bernama Jalan al-Zebda yang dideskripsikan oleh situs berbahasa Ibrani IDF sebagai anggota senior divisi penelitian dan pengembangan Hamas.

Laman berita Al-Monitor juga mencatat namanya pada 13 Mei sebagai salah satu komandan, yang merupakan inti dari militer Hamas.

Jamal sendiri juga dilaporkan tewas pada 12 Mei 2021 oleh serangan Israel, memiliki gelar PhD di bidang teknik mesin, dengan spesialisasi aerodinamika.

“Sebuah makalah yang ditulis oleh Jamal al-Zebda tentang aerodinamika di Virginia Polytechnic Institute and State University pada tahun 1989 muncul di situs web Aerospace Research Center,” lapor Teuzman. (akh)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here