KPU Usulkan Jadwal Pemilu 2024 Dipercepat untuk Menghindari Kekosongan Pencalonan Pilkada

0
2658
Ilham Saputra Sebut KPU Butuh Perppu Perpanjang Jabatan
Ketua KPU RI, Ilham Saputra
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Ketua KPU RI Ilham Saputra, mengatakan telah mengusulkan ke pemerintah dan DPR agar Pemilu digelar 21 Februari. Jadwal ini lebih cepat dari rencana sebelumnya yaitu pada tanggal 21 April 2024.

“Kami menginginkan agar penyelenggaraan pemilu ini dipercepat, untuk menghindari kekosongan pencalonan pilkada,” kata Ilham di Jakarta, Minggu (30/5).

Ilham menerangkan pihaknya telah melakukan simulasi untuk mempercepat hari pemungutan suara pada Pemilu serentak tahun 2024.

“Jika nanti kami laksanakan tetap bulan April, kami khawatir ada perselisihan hasil pemilu, maka terkendala jika ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang meminta PSU (pemungutan suara ulang) yang akan memakan waktu,” ujarnya.

Tidak hanya itu, KPU juga mengusulkan ke pemerintah dan DPR RI agar pilkada turut digelar pada 20 November 2024.

Walaupun demikian, dua tanggal itu masih bersifat usulan dan belum dibahas atau disetujui oleh pemerintah serta DPR RI, kata Ilham. Perubahan tanggal itu, menurut Ilham, harus dibicarakan lebih lanjut dan KPU akan menerima masukan dari seluruh pihak, terang Ilham.

“Pemilu 2024 memerlukan energi dan biaya yang signifikan serta perhatian dari berbagai penyelenggara pemilu,” ungkapnya. (*)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here