Tips! Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan untuk Mencegah Kanker Serviks

0
678
Tips! Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan untuk Mencegah Kanker Serviks
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Dwiana Ocviyanti menjelaskan, berbagai risiko bisa terjadi jika area kewanitaan tidak dijaga kebersihannya saat wanita menstruasi.

“Risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di area kewanitaan,” kata Dwiana dalam webinar baru-baru ini.

Menurut Dwiana, hal itu terjadi karena tingkat keasaman di area kewanitaan turun lantaran darah haid. Oleh karena itu, dia menyarankan para wanita menerapkan manajemen kebersihan menstruasi (MKM).

MKM merupakan cara untuk membersihkan vagina secara benar, teliti, dan berkala. Caranya ialah dengan menggunakan air bersih yang mengalir dicampur cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH area kewanitaan.

Dwina juga menyarankan para wanita selalu menggunakan pembalut bersih. Selain itu, para wanita juga harus rajin mengganti pembalut secara teratur minimal setiap empat jam sekali.

“Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area kewanitaan juga harus diperhatikan setiap hari,” katanya.

Hal tersebut bertujuan menjaga kesehatan dan menghindari masalah di area kewanitaan, seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, dan kanker serviks. (R)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here