Hanya Menjabat 3,5 Tahun, Bupati Sleman Legowo

0
384
Hanya Menjabat 3,5 Tahun, Bupati Sleman Legowo
Serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sleman
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menungkapkan legawa atas SK dari pemerintah pusat yang mengatur Pilkada Serentak pada 2024. Konsekuensi dari SK tersebut adalah masa jabatan sebagai Bupati Sleman akan berjalan selama 3,5 tahun saja.

Kustini Sri Purnomo menjelaskan masa jabatannya sebagai Bupati Sleman akan berjalan selama 3,5 tahun. Masa jabatan itu terhitung sejak ia dilantik, 1 Maret 2021 lalu.

Pada SK dari pemerintah pusat tersebut, kata Kustini, awalnya ia dinyatakan akan bekerja sampai 2026. Ia bersikap mengikuti kebijakan tersebut. Namun demikian, Kustini menyatakan ia tetap akan melihat regulasi selanjutnya seandainya akan ada gelaran Pilkada kembali (sebelum memasuki 2026), sebagai keputusan DPR RI.

“Kemarin, dari Kesbangpol sudah menyurati saya, mau ada persiapan untuk Pilkada 2024. Dijalankan saja. Kami mengikuti keputusan dari pemerintah,” kata Kustini.

Kustini mengaku legawa dengan aturan yang turun tersebut. Maka saat ini, ia memilih untuk fokus membangun rakyat, tambahnya. Tak menampik ada kekecewaan yang ia rasakan, Kustini menegaskan bahwa jabatan adalah amanah.

“Kalau memang cuma 3.5 tahun ya sudah, kami menjalankan segitu. Kalau nanti kami dipercaya ikut kembali, ya ikut kembali, saya nggak mau mikirin itu. Yang penting 3,5 tahun ini sementara ini saya maksimalkan,” ucapnya.

Kustini melanjutkan, program lain yang masih harus ia wujudkan adalah ketahanan pangan, pembangunan. Termasuk pembangunan gedung-gedung OPD. “Kami prioritaskan masyarakat makan, sehat dan sekolah,” tandas Kustini.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum Sleman Trapsi Haryadi mengatakan, menindaklanjuti Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tentang Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 Perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, KPU Sleman kembali melakukan rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan periode Mei-Juni 2021.

Dari hasil rekapitulasi daftar Pemilih berkelanjutan periode Mei-Juni 2021 di Kabupaten Sleman, didapati ada sebanyak 787.816 pemilih.

Rinciannya, laki-laki berjumlah 382.647 dan perempuan berjumlah 405.169. Pemilih tersebut tersebar di 17 Kapanewon dan 86 Kalurahan. Hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan tersebut, disampaikan kepada partai politik tingkat Kabupaten Sleman, Bawaslu Sleman dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman.

“Data pemilih tersebut dimutakhirkan tiap bulan. Tentunya nanti akan digunakan untuk Pemilu 2024 dan Pilkada 2024,” ungkap Trapsi. (*)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here