Krim Pemutih Dapat Picu Kanker, Ketahui Kandungan Berhayanya

0
330
Krim Pemutih Dapat Picu Kanker, Ketahui Kandungan Berhayanya
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Memiliki kulit putih rupanya masih menjadi tujuan sebagian besar orang. Berbagai prosedur kecantikan dilakukan demi meraih kulit yang cerah dan bersinar. Salah satu yang kini sedang tren adalah adanya krim pemutih.

Ahli estetik, dr Eklendro Senduk D, AAAM, MKes mengatakan, secara umum krim terbagi dua kategori, yakni versi kosmetik dan obat. Pada versi kosmetik biasanya ditandai dengan label BPOM, sedangkan kategori racikan/obat berlabel apotek.

“Baik keduanya harus diperhatikan kandungannya, jangan asal beli. Krim pemutih bisa jadi berbahaya tergantung kandungan di dalamnya,” ujar dr. Eklendro kepada wartawan belum lama ini.

Dokter Eklendro menyarankan untuk menghindari 3 kandungan berbahaya padakrim putih. Apa saja?

  1. Mercury

Ia menyebut jika mercury memang terkadang memberikan efek yang cepat untuk bikin kulit putih dan cerah, tetapi dalam jangka panjang kandungan ini dapat menimbulkan efek berbhaya, seperti potensi kanker kulit.

“Memang hasilnya bisa bikin cepat putih dalam 3-7 hari. Tapi, efek jangka panjangnya itu yang berbahaya. Bisa saja makin banyak flek bahkan jerawat di seluruh wajah,” jelasnya.

  1. Kortikosteroid

Kandungan ini juga patut diwaspada, lantaran sering banyak ditemui pada kandungan krim pemutih. Kortikostereoid merupakan obat dasar yang boleh digunakan untuk kulit tetapi harus terkontrol dosisnya.

Ia bisa mengurangi elastisitas pada kulit. Akhirnya, akan muncul stretchmark pada kulit.

  1. Hydroquinon

Kandungan ini memang sering digunakan pada hampir produk pencerah. Namun, jika digunakan secara berlebihan atau tidak dalam pengawasan dokter, kandungan ini akan merangsang fungsi melanin yang berlebih.

Akibatnya muncul banyak flek di wajah atau hiperpigmentasi dan juga okronosis atau fleknya sudah menyebar ke seluruh area wajah.(*)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here