KPU Denpasar Gelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Bersama Partai Politik

0
474
KPU Denpasar Gelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Bersama Partai Politik
KPU Kota Denpasar melaksanakan Rakor terkait PDPB bersama instansi terkait dan Partai Politik di Kota Denpasar, Kamis (24/06/2021) yang bertempat di lantai tiga Aula ruang rapat kantor KPU Kota Denpasar.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bersama instansi terkait dan Partai Politik di Kota Denpasar, Kamis (24/06/2021) yang bertempat di lantai tiga Aula ruang rapat kantor KPU Kota Denpasar.

I Wayan Arsa Jaya, Ketua KPU Kota Denpasar membuka acara dan menyampaikan bahwa kegiatan pemutakhiran data pemilih ini adalah sebagaimana amanah Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

Pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memerhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sebagai ikhtiar menyelesaikan soal data pemilih dari akarnya.” Kata Arsa Jaya.

“KPU Denpasar menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait dan peserta Partai Politik pada pemilu 2019. Ini sangat penting didalam proses pemutakhiran data pemilih yang akurat dan tentunya akan menjadi acuan mulai dari logistik, jumlah surat suara, serta yang pengguna hak suara dalam Pemilu/Pemilihan,” ungkap Wayan Arsa Jaya.

Arsa Jaya juga mengingatkan dalam kondisi seperti sekarang ini, agar jajarannya dan semua stakeholder menjalankan protokol kesehatan. Pencegahan melalui menjaga kesehatan dan keselamatan menjadi hal yang prioritas di tengah pandemi Covid-19 yang telah menularkan ribuan orang di Indonesia ini. “Covid-19 jangan dipandang remeh. Begitu ada yang kena, dampaknya luar biasa,” kata Arsa Jaya.

Sementara Dewa Ayu Sekar Anggaraeni, anggota KPU Denpasar yang membidangi Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi yang mengisi materi Rakor menyampaikan materi kepada instansi terkait dan perwakilan partai politik yang hadir.

“KPU Denpasar berkoordinasi dan menginformasikan bahwa dalam setiap bulan akan dilakukan rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan dan hasilnya baik berupa rekapitulasi maupun perubahan pemilih akan diumumkan melalui website maupun media sosial KPU Kota Denpasar sehingga masyarakat dapat mengakses,” jelas Dewa Ayu Sekar.

Selain itu, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni juga menyampaikan bahwa partai politik dapat terlibat dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan apabila anggotanya atau konstituen pada Pemilu maupun Pemilihan sebelumnya belum masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap seperti pemilih pemula potensial atau hendak melalukan update atau memperbaharui data (Pemilih yang telah meninggal, Pindah Masuk/Keluar) dengan mengisi link/QR Code yang telah disediakan oleh KPU Kota Denpasar.(up)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here