Cara Membuat Toko Online Gratis di Tengah Pandemi Covid-19

0
898
Cara Membuat Toko Online Gratis di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi bisnis secara online.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan saat pandemi ialah dengan berbisnis online Bisnis online saat pandemi cukup menjanjikan sehingga banyak diminati oleh pebisnis baru.

Lalu bagaimana cara membuat toko online tanpa biaya? Silakan simak ulasan berikut.

Persiapan Sebelum Membuat Toko Online

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat toko online ialah hosting.

Hosting adalah layanan internet yang memungkinkan organisasi atau individu untuk meletakkan informasi di internet dengan memanfaatkan sumber daya peladen-peladen yang disewakan.

Anda perlu menentukan hosting untuk digunakan sebagai toko online seperti WordPress maupun blog. Apa pun hosting yang akan dipilih, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal dasar.

Pertama, e-mail bisnis yang valid. Email akan digunakan untuk melakukan pendaftaran pengajuan domain atau website.

kedua, template toko online. Anda bisa menemukan template untuk toko online secara gratis melalui mesin pencarian Google

Ketiga, nama website atau blog yang akan digunakan pada toko online.

Keempat, persiapan foto produk serta deskripsi produk untuk dipajang pada toko online.

Langkah-Langkah Membuat Toko Online Gratis

Pembuatan toko online sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bagi Anda yang masih awam. Jika ingin belajar cara membuat toko online yang mudah dan gratis, Anda perlu memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

Pilih dan pesan hosting serta domain

Domain adalah sebuah alamat untuk website dari toko online Anda yang dapat mempermudah pembeli menemukan toko, seperti namatokoanda.com.

Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan file-file data website toko online Anda. Saat ini, berbagai layanan hosting gratis telah tersedia di internet, seperti zyro, infinityfree, wix, 000webhost, freehostia, dan awardspace.

Anda bisa memilih salah satu hosting gratis tersebut. Anda juga bisa menggunakan hosting berbayar dengan fasilitas premium yang ditawarkan.

Menginstall CMS WordPress

Salah satunya program yang populer dan paling banyak digunakan ialah CMS WordPress.

CMS (content management system) dari WordPress cukup mudah untuk diinstal dan digunakan.

Install plugin WooCommerce

Agar website Anda memiliki berbagai fitur yang lengkap, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi plugin woocommerce.

Tips membuat toko online dengan woocommerce dapat Anda pelajari dengan saksama.

Mengganti template WordPress agar user-friendly
Setelah woocommerce berhasil diinstall, langkah selanjutnya adalah mengubah template toko online Anda sehingga mudah untuk digunakan. Anda perlu meng-install tema atau template khusus yang sesuai dengan toko online Anda. Di internet terdapat banyak template dan tema toko online gratis yang bisa Anda unduh.

Melakukan setting website

Pengaturan website diperlukan untuk memberikan nama pada website Anda dan juga deskripsi toko yang Anda miliki. Sebab, nama maupun deskripsi toko belum tertera dengan baik ketika Anda selesai menginstall WordPress dan WooCommerce.

Melakukan setting untuk toko online

Langkah selanjutnya dari cara membuat toko online yaitu melakukan pengaturan untuk toko online Anda.

Anda perlu mengubah pengaturan Woocommerce, kemudian menambahkan produk-produk yang akan ditampilkan pada website Anda. Jangan lupa menambahkan foto produk, deskripsi produk serta promosi produk untuk menarik calon pembeli.

Visual ini sangat berpengaruh pada tingkat kesuksesan dalam penjualan Anda melalui toko online.

Sebab, pembeli tidak dapat melihat produk secara langsung. Anda juga perlu menampilkan deskripsi produk secara detail.

Mengembangkan toko online agar dapat terus beroperasi

Setelah berhasil membuat toko online, Anda perlu mengembangkannya agar dapat bersaing di dunia bisnis online.

Tambahkan pula beberapa fitur penting dalam website toko online Anda seperti pilihan metode pembayaran, pilihan jasa kirim, serta cara check out yang mudah. Fitur penting tersebut sangat bermanfaat bagi para penjual maupun pembeli ketika melakukan transaksi jual beli secara online.

Anda boleh melihat beberapa toko online di internet sebagai referensi jika merasa kesulitan dalam menambahkan fitur yang dibutuhkan.

Siapkah Anda Membuat Toko Online?

Anda dapat membuat toko online sendiri maupun meminta bantuan penyedia jasa pembuatan website.

Pastikan hosting yang Anda gunakan memiliki fitur keamanan yang baik sehingga data toko Anda tersimpan dengan baik serta memiliki kecepatan server yang stabil. Sudah siapkan Anda membuat toko online sendiri? Tunggu apa lagi? Buatlah toko online Anda sekarang juga.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini