Tiga Cara yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Menghadapi Anak Mudah Marah-marah

0
1381
Tiga Cara yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Menghadapi Anak Mudah Marah-marah
Ilustrasi Anak-anak mudah marah.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Memiliki anak yang mudah marah-marah atau gampang ngambek memang sangat menguji kesabaran orang tua. Umumnya, anak-anak meluapkan rasa kesal dengan cara mengamuk, galak, menjerit, atau menangis dramatis.

Mengetahui penyebab kemarahan anak

Hal pertama yang perlu dilakukan saat anak acap kali marah-marah, adalah orang tua harus mengetahui dulu penyebab kemarahan si kecil. Entah itu karena memiliki permasalah di sekolah atau lingkungan dalam bermain bersama teman-temannya.

Sebagai orang tua, kamu harus mencari tahu dan memastikan penyebab kemarahan si kecil sehingga akan mudah mencari solusinya.

Peka terhadap perasaan anak

Umumnya, anak-anak memiliki keingintahuan dan kemauan yang kuat untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu. Namun, sayangnya kemampuan mereka belum sekuat keinginannya.

Nah, hal inilah yang biasanya membuat si kecil kesal dan melampiaskannya dengan marah-marah.

Memberikan larangan yang logis

Kata-kata larangan seperti “jangan”, “tidak boleh” dan sebagainya sering kali membuat anak merasa tidak dipercayai atau dibatasi ruang geraknya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua wajib memberikan alasan yang logis kepada anak, mengapa kamu harus melarangnya dalam melakukan sesuatu.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini