Manfaat Daun Kemangi Mampu Meredakan Stress Hingga Mencegah Kanker

0
918
Manfaat Daun Kemangi Mampu Meredakan Stress Hingga Mencegah Kanker
Daun Kemangi.
Bagikan Berita Ini
  • 134
    Shares

TEROPONGMETRO – Orang Indonesia sudah sangat akrab dengan daun kemangi. Daun ini bisa langsung dijadikan lalapan atau digunakan dalam berbagai olahan. Tak hanya itu saja, daun kemangi juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak boleh dilewatkan.

Kandungan antioksidan alami dalam daun kemangi dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang sayang untuk kamu lewatkan.

Membantu meredakan stress

Dari berbagai macam herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional, kemangi adalah salah satu yang paling banyak diakui khasiatnya. Banyak penelitian menemukan bahwa daun ini dapat membantu mengatasi stres fisik, metabolisme, hingga psikologis dengan kombinasi pengobatan yang diresepkan dokter.

Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah senyawa kimia yang bersifat tidak stabil dan reaktif. Kamu bisa terpapar radikal bebas dari makanan, obat-obatan, aktivitas sehari-hari, hingga paparan polusi.

Jika radikal bebas dibiarkan menumpuk di dalam tubuh, tentu hal ini akan menjadi masalah.

Menurut Harvard School of Public Health, reaksi kimia yang dilakukan oleh radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan membran dan jaringan sel rusak.

Kondisi ini akan meningkatkan berbagai risiko penyakit degeneratif, salah satunya tumor dan kanker.

Mencegah demam berdarah

Seiring dengan kasus demam berdarah yang kian mewabah, ada salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan infeksi penyakit tersebut.

Ekstrak daun ini bisa dijadikan sebagai insektisida dalam sediaan obat nyamuk bakar untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).(*)


Bagikan Berita Ini
  • 134
    Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here