Inovasi Kampus Muhammadiyah, Gelar Vaksinasi dengan Sistem Drive-thru Untuk Cegah Kerumunan

0
1225
Inovasi Kampus Muhammadiyah, Gelar Vaksinasi dengan Sistem Drive-thru Untuk Cegah Kerumunan
Vaksinasi Drive-Thru.
Bagikan Berita Ini
  • 396
    Shares

TEROPONGMETRO – Demi mewujudkan ‘Ikhtiar Menuju Sehat’, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bersama Polda Daerah Istimewa Yogyakartka menyelenggarakan vaksinasi dosis pertama untuk mahasiswa UMY di Pelataran Gedung Sportorium Kampus Terpadu UMY, Senin (9/8). Sebanyak 2.000 dosis vaksin berjenis Sinovac diberikan kepada mahasiswa secara gratis, dan pelaksanaan vaksinasi ini menggunakan sistem drive-thru dengan tujuan agar tidak terjadi kerumunan.

Penyelenggaraan vaksinasi bagi 2000 mahasiswa aktif UMY ini juga menjadi bentuk kepedulian UMY terhadap mahasiswanya. Selain dilaksanakan secara drive-thru, sistem pelaksanaan vaksinasi ini juga menggunakan lajur terpisah bagi mahasiswa laki-laki dan perempuan, dengan vaksinator mandiri dari Fakultas Ilmu Kedokteran dan Kesehatan (FKIK) UMY.

Seperti yang kita ketahui bersama, belakangan ini Pemerintah Indonesia memang gencar melakukan vaksinasi untuk masyarakat. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Terlebih dalam beberapa bulan terakhir Indonesia dapat dikatakan dalam kondisi darurat pandemi, merujuk pada jumlah kasus yang meningkat.

“Kita harus divaksin. Vaksinasi ini memang salah satu tujuannya untuk membentuk Herd Immunity,” ujar Kapolda DIY, Irjen. Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si.

Asep menjelaskan bahwa kondisi pandemi di Yogyakarta saat ini sudah menurun 40 persen dari jumlah pasien yang terkonfirmasi positif, ketimbang dua pekan yang lalu. Maka dari itu vaksinasi masif perlu dilakukan sebagai tindakan dari 3T (Tracing, Testing, Treatment).

“Sesuai dengan arahan Pak Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Kemaritiman dan Investasi), kondisi Yogyakarta sudah semakin membaik, jadi vaksinasi seperti untuk mahasiswa UMY perlu kita adakan. Jadi semakin banyak yang kita vaksin maka Herd Immunity semakin terbentuk. Kita sudah lihat sendiri kondisi di luar negeri yang sudah melakukan vaksinasi, mereka bisa menyelenggarakan kegiatan olahraga dan dihadiri banyak penonton. Harapannya, vaksin ini kan bisa memutus rantai penyebaran,” sambungnya.

Wakil Rektor UMY Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Sukamta S.T., M.T., menyambut baik fasilitas vaksinasi dari Polda DIY yang diberikan untuk mahasiswa UMY. “Kami berterima kasih kepada Polda DIY yang sudah memberikan fasiltas vaksinasi ini. Namun kami juga berharap, vaksinasi ini masih bisa berlanjut lagi untuk 18.000 mahasiswa UMY lainnya.”pungkasnya.

Karena memang, vaksinasi dosis pertama ini jumlahnya terbatas yaitu hanya 2.000 dosis saja. Sedangkan jumlah mahasiswa aktif UMY kurang lebihnya berjumlah 20.000. Masih banyak yang belum kebagian jatah vaksinasi gratis dari Polda DIY dan UMY ini. Rencananya, untuk pemberian dosis kedua 2.000 dosis, akan digelar pada bulan September mendatang di tempat yang sama.

Sementara itu, untuk mendapatkan vaksinasi ini, sebelumnya mahasiswa mendaftar melalui platform pendaftaran Googleform yang disediakan oleh panitia dari UMY.(Md)


Bagikan Berita Ini
  • 396
    Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here