Ingat! Besok Puasa Asyura 2021, Ini Niat dan Keutamaannya

0
1083
Ingat! Besok Puasa Asyura 2021, Ini Niat dan Keutamaannya
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Mengulas niat dan keutamaan Puasa Asyura yang merupakan puasa sunnah Agustus 2021 ini.┬áDiketahui, hukum menjalankan Puasa Asyura merupakan sunnah muakkadah yakni sunnah yang sangat dianjurkan.

Sering disebut puasa syuro atau puasa asyura merupakan puasa yang dilaksankan setiap 10 Muharram. Puasa Asyura 2021 akan jatuh pada tanggal 19 Agustus 2021. Biasanya puasa Asyura akan didahului dengan puasa Tasua.

Kapan puasa Asyura 2021 dan puasa Tasua ini berlangsung di bulan Agustus akan berlangsung secara berurutan. Yaitu mulai dari tanggal 18 sebagai Puasa Tasu’a dan tanggal 19 Agustus 2021 sebagai puasa Asyura.

Niat Puasa Asyura. Bagi Anda yang ingin melaksanakan puasa Asyura 2021, berikut niat untuk dilafalkan guna menyempurnakan niat puasa Anda.

Bacaan latin niat puasa Asyura:

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala.

Arti niat puasa Asyura: Aku berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala

Keutamaan Puasa Asyura. Kenapa puasa asyura sangat dianjurkan?

Hal itu karena puasa Asyura memiliki banyak keutamaan untuk siapa saja yang menjalankannya. Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa Asyura merupakan puasa utama setelah Ramadhan dengan keutamaan antara lain:

Mendekatkan kita pada Allah SWT. Bisa memohon agar dosa-dosa kita diampuni seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW

Kita menjadi lebih bersabar, berlapang dada, dan dapat melihat situasi dari perspektif lain karena melatih diri.

Secara fisik, puasa juga memberikan manfaat pada organ tubuh kita menjadi lebih rileks. Demikian informasi singkat tentang kapan puasa Asyura 2021 dilaksanakan.(su)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here