Empat Cara Memasak Sayuran agar Gizinya Tetap Terjaga

0
529
Empat Cara Memasak Sayuran agar Gizinya Tetap Terjaga
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Sayuran kaya akan vitamin B kompleks dan C. Sayangnya, keduanya merupakan vitamin larut air yang mudah hilang selama proses pemasakan. Cara memasak sayuran yang benar bisa membantu mencegah hal ini.

Namun, kamu harus benar-benar memerhatikan cara mengolah sayuran sebelum di masak. Hal itu perlu diperhatikan supaya nutrisi yang terkandung di dalamnya tak terbuang.

Berikut ini cara memasak sayuran agar zat gizinya tidak hilang.

  1. Cuci sayuran dengan air mengalir

Cucilah sayuran dengan air mengalir bukan dengan merendamnya. Langkah itu bertujuan untuk menghilangkan bakteri, kuman, maupun sisa pestisida yang dapat merugikan kesehatan.

Juga gunakan air bersuhu suam-suam kuku, sebab suhu panas bisa merusak vitamin C.

  1. Potong sayuran dalam bentuk yang besar

Dalam memotong sayuran, sebaiknya jangan terlalu kecil. Karena, makin kecil potongan sayuran, banyak zat gizi yang akan hilang saat proses masak. Jika sayuran tersebut berukuran kecil, kamu bisa memasaknya dalam kondisi utuh.

Atau setelah memasak barulah kamu bisa potong kecil-kecil. Sayuran yang sudah matang, kandungan zat gizinya tidak akan hilang.

  1. Perhatikan waktu, suhu, dan air saat memasak sayuran

Sangat disarankan dalam mengola sayuran di kukus. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa teknik tersebut bisa menjaga kandungan vitamin C sebesar 80 persen.

Karena, waktu memasak yang terlalu lama dan suhu tinggi dapat menghilangkan kandungan vitamin B1 dan vitamin B3 sebanyak 60 persen.
4. Pilih metode memasak yang sesuai

Dengan memilih cara memasak sayuran yang tepat, kamu bisa mendapatkan zat gizi dalam jumlah optimal. Beberapa metode terbaik untuk memasak sayur-mayur antara mengukus, memanggang, menumis, dan merebus. (Tm)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here