Ditengah Pandemi Covid-19, Kampus Muhammadiyah Ini Berikan Beasiswa kepada 2.198 Mahasiswa

0
567
Ditengah Pandemi Covid-19, Kampus Muhammadiyah Ini Berikan Beasiswa kepada 2.198 Mahasiswa
Ditengah Pandemi Covid-19, Kampus Muhammadiyah Ini Berikan Beasiswa kepada 2.198 Mahasiswa.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Saat ini merupakan kondisi ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi Covid-19 dan menyebabkan dampak negatif bagi masyarakat secara sosial maupun ekonomi. Melalui kondisi tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu meringankan perekonomian masyarakat melalui program beasiswa yang diberikan kepada 1833 mahasiswa selama masa pandemi 2 tahun berturut-turut.

Hal tersebut diungkap oleh Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP., IPM dalam acara Silaturahmi Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru pada hari Sabtu (9/11). Menurut Gunawan, UMY memberikan bantuan kepada mahasiswa, baik mahasiswa lama maupun mahasiswa baru melalui beberapa program beasiswa hingga lulus kuliah.

“Total beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa UMY sejumlah 1833 mahasiswa, dengan rincian pada tahun 2019/2020 sebanyak Rp 15,81 Milyar dengan penerima 1556 mahasiswa dan pada tahun 2020/2021 tambahan beasiswa diberikan kepada mahasiswa baru sejumlah Rp. 12,77 Milyar dengan penerima beasiswa 277 mahasiswa,”paparnya.

Dr. Siti Dyah Handayani, S.E., MM., Kepala Biro Admisi UMY menambahkan beberapa program beasiswa yang tersedia di UMY di antaranya Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah, Beasiswa Dokter Muhammadiyah, Beasiswa Jalur Prestasi, Beasiswa Hafiz Al-Qur’an, Beasiswa Prestasi Unggulan, Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Khusus, Beasiswa Umum, dan Beasiswa Mahasiswa Asing untuk semua jenjang.

“Terdapat beberapa macam beasiswa untuk mahasiswa baru, yaitu beasiswa dokter Muhammadiyah, untuk tahun ini terdapat 5 penerima beasiswa dokter Muhammadiyah pada mahasiswa baru, di antaranya 3 mahasiswa dari prodi kedokteran dan 2 mahasiswa dari prodi kedokteran gigi,” tambahnya.

Kemudian, Dyah menyampaikan bahwa terdapat program beasiswa lainnya yang diberikan dari UMY. “Alhamdulillah sudah cukup banyak penerima beasiswa kader unggulan Muhammadiyah sekitar 20 sampai 40 mahasiswa, beasiswa Tahfiz Muhammadiyah terdapat 20 sampai 40 mahasiswa yang menerima, beasiswa prestasi unggulan terdapat 10-20 mahasiswa berprestasi tingkat provinsi, nasional hingga internasional yang menerima, beasiswa KIP Merdeka terdapat 22 mahasiswa baru yang menerima. Beasiswa yang tadi disebutkan merupakan beasiswa bebas biaya SPP dan DPP hingga lulus kuliah nanti,” tutupnya.(Md)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here