Harun Al Rasyid, Raja OTT KPK Lolos Seleksi Calon Hakim Agung

0
504
Harun Al Rasyid, Raja OTT KPK Lolos Seleksi Calon Hakim Agung
Harun Al Rasyid.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Harun Al Rasyid yang pernah mendapat julukan Raja operasi tangkap tangan (OTT) pada 2018, ternyata tengah mendaftar sebagai Hakim Agung.

Ia adalah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kemudian dipecat pada September 2021. Ia dipecat bersama 56 pegawai lainnya karena tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) di masa kepemimpinan Firli Bahuri.

Para eks pegawai KPK itu mendapat tawaran menjadi ASN Polri. Harun Al Rasyid dan 43 rekannya menerima tawaran itu.

Namun secara bersamaan, Harun Al Rasyid ternyata turut mengikuti seleksi Calon Hakim Agung. Bahkan, ia sudah lolos seleksi tahap administrasi untuk Kamar Pidana.

Setelah lolos administrasi, tahapan selanjutnya adalah seleksi kualitas pada 10-12 Januari 2022. Materinya meliputi penulisan makalah di tempat seleksi, studi kasus hukum, studi kasus Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), dan tes objektif.

Dalam tahap ini, para Calon Hakim Agung juga diwajibkan menyerahkan karya tulis mereka, baik berupa putusan pengadilan, tuntutan, gugatan, pembelaan, atau karya ilmiah.

Dikutip dari situs Komisi Yudisial, Harun menjadi salah satu dari 53 Calon Hakim Agung yang lolos tahap administrasi.

Mayoritas saingannya ialah hakim, panitera, hingga dosen hukum. Dalam pengumuman KY itu, Harun Al Rasyid mencantumkan jabatan sebagai ASN Polri.(Tm)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here