Pilpres 2024 Memanas, Para Menteri Bikin Kepala Daerah Ketar-ketir

0
510
DPR: Anggaran dan Tahapan Pemilu 2024 Dibahas Setelah Lebaran
Ilustrasi pemilu.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Direktur Eksekutif Arus Survei Indonsia (ASI) Ali Rif’an menanggapi persaingan ketat figur-figur top pada Pilpres 2024.

Klaster kepala daerah kemungkinan akan bersaing dengan para menteri.

Menurut dia, klaster menteri akan sangat berpeluang lebih unggul karena mendapat waktu lebih lama daripada kepala daerah.

Sebab, jika tidak ada reshuffle, para menteri yang berpeluang maju pilpres akan mendapat panggung politik hingga 2024.

“Kalau head to head, menteri sangat diunggulkan karena punya waktu yang lebih lama daripada kepala daerah. Menhan Prabowo kali ini masih unggul di urutan atas figur menteri yang menjadi capres 2024,” ujar Ali, Rabu (19/1/22).

Ali menjelaskan di bawah Prabowo Subianto, ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi pesaing serius.

Menurutnya, dengan adanya aturan pilkada serentak pada 2024, hal itu memperburuk kesemepatan kepala daerah.

Sementara itu, Ali menilai para menteri akan mendapat kesempatan lebih besar memainkan panggung politik demi Pilpres 2024.

“Saya rasa kekuarangan kepala daerah yaitu akan berhenti memiliki panggung sebelum 2024. Jadi, jika ingin tetap mendapat perhatian, para kepala daerah harus memiliki cara khusus untuk mengalahkan klaster menteri,” jelasnya.

Dalam klaster kepala daerah, Ali mengungkapkan Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil berpeluang besar menjadi figur kuat pada Pilpres 2024.

Dengan demikian, dia menganggap Prabowo dan Sandiaga Uno akan mendapat persaingan serius dari klaster kepala daerah.

“Jika pilpres dilakukan sekarang, tentu akan menjadi menarik karena posisi kepala daerah dan menteri seimbang,” ujarnya.(*)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini