Cara Daftar Bansos Anak Sekolah Agar Dapat Rp 2 Juta

0
414
Cara Daftar Bansos Anak Sekolah Agar Dapat Rp 2 Juta
Cara Daftar Bansos Anak Sekolah Agar Dapat Rp 2 Juta.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan skema bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat pada tahun 2022.

Dengan keputusan ini, mungkin banyak yang masih bingung bagaimana cara mendaftar bansos tahun 2022 melalui ponsel (HP).

Artikel kali ini akan membahas tentang cara daftar Bansos 2022 dari handphone, menggunakan aplikasi Cek Bansos tepatnya, tinggal siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Sebagai informasi, program bantuan sosial yang masih dijalankan pemerintah tahun ini adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Skema Kartu Sembako.

Kemudian dalam PKH sendiri, ada beberapa kategori yang akan mendapat bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos), yaitu ibu hamil atau nifas, anak usia 0 sampai 6 tahun, SD, SMP, SMA, difabel dan penerima yang sudah lanjut usia.

Berikut cara daftar bansos tahun 2022 dengan HP

  1. Anda dapat menyiapkan ponsel dan mengunduh aplikasi Cek Bansos langsung dari Play Store atauklik di sini
  2. Daftar dengan membuka aplikasi Cek Bansos dengan mengklik opsi “Buat Akun Baru”
  3. Siapkan KTP dan KK Anda untuk mengisi kolom yang tersedia
  4. Pada Menu Registrasi Rekening, Anda dapat mengisi beberapa kolom dengan memasukkan data diri seperti nomor KK, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap di KTP dan alamat lengkap tempat tinggal
  5. Jangan lupa juga untuk memasukkan nomor handphone, alamat email, serta membuat username dan password agar dapat mendaftar sebagai penerima bansos
  6. Masukkan dua foto yang menunjukkan KTP Anda dan satu foto Anda memegang KTP
  7. Setelah semua data terisi, Anda dapat mengklik opsi “Buat Akun Baru”
  8. Setelah berhasil, Anda dapat mendaftarkan diri Anda dan keluarga atau komunitas lain dengan mengklik menu “Tambah Proposal” untuk mengakses menu dan daftar proposal pada aplikasi Cek Bansos
  9. Setelah mengisi data sesuai kolom yang tersedia, data yang berhasil diajukan akan muncul nama, NIK, status kesesuaian dengan Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan KK pengusul

Kemudian, seperti disebutkan, salah satu bantuan sosial yang masih disalurkan pemerintah pada 2022 adalah PKH.

Perbedaan kategori penerima program bansos PKH juga mempengaruhi besaran bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial atau pemerintah, seperti kategori ibu hamil atau nifas yang menerima bantuan sebesar Rp 3.000.000.

Sedangkan penerima bansos kategori balita usia 0 sampai 6 tahun akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3.000.000.

Sebaliknya, penerima bansos kategori pendidikan anak SD hanya mendapat Rp 900.000, pendidikan anak SMP Rp 1.500.000, dan pendidikan anak SMA Rp 2.000.000.

Kemudian untuk kategori penyandang disabilitas berat akan mendapatkan bantuan sosial sebesar 2.400.000 rupiah, dan untuk kategori penerima bantuan sosial usia lanjut akan mendapatkan 2.400.000 rupiah.

Kemudian untuk menambah uang jajan bagi anak sekolah, biar tidak terus minta orang tua bisa manfaatkan aplikasi atau game penghasil uang. Beberapa gamenya bisa dilihat dan didownload di bawah ini.(*)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini