Jadwal Pemilu 2024 Diumumkan, Pakar: Anies akan Terang-terangan Nyapres Sekarang

0
600
Jadwal Pemilu 2024 Diumumkan, Pakar: Anies akan Terang-terangan Nyapres Sekarang
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pengamat politik Hendri Satrio menjelaskan, kini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak perlu lagi kampanye diam-diam, menyusul pengumuman jadwal Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hendri menanggapi pernyataan Anies kepada relawannya agar tidak bicara soal Pilpres 2024 saat dia berkunjung ke Makassar.

Menurut Hendri, saat itu sikap Anies sudah benar karena KPU belum mengumumkan jadwal Pemilu 2024. Namun, kini KPU sudah mengumumkan jadwal Pemilu adalah 14 Februari 2024.

“Justru sekarang akan menarik, nih, enggak mungkin lagi Anies bicara seperti yang kemarin. Jadi artinya kalau dia mau nyapres, ya akan terang-terangan nyapres sekarang,” kata pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI itu saat dihubungi, Rabu, 26 Januari 2022.

Sinyal Anies ingin berkancah di Pemilu 2024, kata Hendri, semakin terlihat saat mantan Menteri Pendidikan itu aktif memamerkan hasil kerjanya ke masyarakat. Seperti misalnya pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) hingga Formula E.

Menurut Hendri, semua pencapaian saat menjadi Gubernur DKI Jakarta bakal menjadi modal Anies maju sebagai capres dalam Pilpres 2024. “Jadi saya rasa setelah sudah ada jadwal diumumkan secara resmi oleh KPU, para capres bisa gaspol, bisa terang-terangan mencoba mengambil hati pemilik tiket, yaitu partai politik,” kata Hendri.

Sebelumnya, KPU dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyepakati jadwal pemilihan umum (pemilu) pada 14 Februari 2024.

“Kami mengusulkan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024,” kata Ketua KPU RI Ilham Saputra dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR, Kemendagri, dan Bawaslu RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin.

Ilham menjelaskan bahwa tanggal 14 Februari 2024 jatuh pada hari Rabu. Hari itu menjadi hari penyelenggaraan pemilu dari tahun ke tahun di Indonesia.

“Pada tanggal 14 Februari, pernah juga diusulkan pada konsinyering pertama antara pemerintah dan DPR RI,” kata Ilham.

Dikatakan pula bahwa jadwal pemilu 14 Februari 2024 telah dimasukkan dalam draf Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Anies Baswedan berbagi pengalaman selama memimpin ibu kota kepada sejumlah masyarakat di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 22 Januari 2022. “Ada hal yang harus dibicarakan secara terus terang bahwa sebenarnya tidak ada hal yang dibahas tidak terbuka, semua bisa kita bahas,” tutur Anies saat safari politik di Hotel Claro Makassar.

Diskusi dengan Anies itu dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, simpatisan, kader dan jajaran petinggi Partai Nasdem Sulawesi Selatan. Diskusi tersebut dipandu pengurus Partai Nasdem Sulawesi Selatan Arum Spink.(ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini