Innalillahi! Ketua Pemuda Muhammadiyah Aceh Meninggal Dunia Setelah Sempat Pingsan

0
888
Innalillahi! Ketua Pemuda Muhammadiyah Aceh Meninggal Dunia Setelah Sempat Pingsan
Rudi Ismawan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Tokoh dan aktivis muda Aceh, Rudi Ismawan SHI, MSi yang sedang menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh, meninggal dalam usia 42 tahun di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh pada Kamis (27/1/2022) pukul 00.20 WIB.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muhammadiyah ini meninggal di rumah sakit tanpa diawali sakit serius.

Menurut Amna, istri almarhum, sekitar pukul 22.30 WIB saat berada di rumah Rudi mengeluh sakit kepala parah dan muntah.

Ia lalu pingsan dan tertidur. Melihat tertidurnya agak lain, lalu Rudi dibawa ke RSUZA Banda Aceh.

“Sesampainya di rumah sakit ternyata Rudi sudah meninggal,” kata Dr Taqwaddin MH mengutip keterangan istri almarhum saat melayat ke rumah duka, Kamis pagi.

Taqwaddin adalah sosok yang sebelumnya memangku jabatan Ketua Ombudsman RI Perwakilan Aceh.

Namun, karena ia lulus sebagai Hakim Tinggi Ad-Hoc Tipikor, lalu jabatannya di Ombudsman diisi oleh Rudi Rismawan yang sebelumnya menjabat asisten ketua di Ombudsman Aceh.

Taqwaddin menambahkan, hingga tadi malam (sebelum pukul 22.00 WIB) Rudi masih berkomunikasi dengan teman-temannya, baik di Ombudsman maupun di Pemuda Muhammadiyah Provinsi Aceh.

“Info ini saya dapatkan dari anak saya yang juga Sekretaris PW Pemuda Muhammadiyah Aceh,” kata Taqwaddin.

Dari rumah sakit, jenazah Rudi dibawa ke gampong istrinya di Lampanah, Aceh Besar, dan dimakamkan di sana. Almarhum Rudi meninggalkan satu istri dan satu anak.

Semasa hidupnya, selain aktif di Muhammadiyah, Rudi yang kelahiran Aceh Selatan juga aktif sebagai Wakil Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh.

Rudi merupakan Asisten senior Ombudsman RI Perwakilan Aceh dan sedang menjabat sebagai Kepala Keasistenan Bidang Penyelesaian Laporan saat ia ditunjuk jadi Plt Ketua Ombudsman RI Perwakilan Aceh.

Penunjukan Rudi sebagai Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh berdasarkan surat tugas dari Ketua Ombudsman RI Nomor: 1424/KP.07.01/XII/2021, mengingat Dr Taqwaddin telah lulus sebagai Hakim Tinggi Ad-Hoc Tipikor pada Tingkat Banding.

Penyerahan tugas tersebut dilakukan secara daring oleh Pengampu Ombudsman Aceh, Dadan S Suharmawijaya pada Kamis (6/1/2022) di Banda Aceh.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini