Ratusan Jamaah Positif Covid-19, Sepulang Dari Umrah

0
1308
Ratusan Jamaah Positif Covid-19, Sepulang Dari Umrah
Ilustrasi: Kepulangan jamaah umrah di salah satu bandara.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Kemenag, M Noer Alya Fitra mengatakan sebanyak 961 orang dari 8.010 total jamaah umroh yang terkonfirmasi positif Covid-19 sepulang dari Tanah Suci. Data itu merupakan yang dihimpun per 30 Januari 2022 lalu.

Dia mengatakan jamaah yang terkonfirmasi positif ditemukan saat entry test (tes swab PCR di Bandara Soekarno Hatta) maupun exit test (tes swab PCR usai menjalani karantina di hotel).

Dari total 961 jamaah umroh, sebanyak 340 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 pada entry test. Lalu sebanyak 621 jamaah terdeteksi saat melakukan tes swab PCR keenam di hotel karantina.

“Angka jamaah positif Covid-19 kurang lebih 39,45%, itu gabungan antara PCR entry pada hari pertama dan keenam sebelum mereka pulang. Jadi positif itu setelah mereka sampai di Indonesia,” kata Nafit, sapaan akrab M Noer Alya Fitra, seperti melansir dari laman Sindonews, Kamis (03/02/2022).

Terkait kepulangan jamaah umroh di Tanah Air, menurutnya, mengikuti kebijakan Satgas Covid-19, bukan wewenang Kemenag. Sepulang dari Arab Saudi, jamaah umrah langsung diarahkan untuk melakukan karantina di hotel yang direkomendasikan oleh Satgas Covid-19.

“Untuk skrining keberangkatan di Asrama Haji atau hotel, kalau untuk kepulangan mengikuti standarnya Satgas Covid-19. Kok bisa terjadi seperti itu, kalau itu ranahnya Kementerian Kesehatan tapi untuk kepulangan ini kan di luar (Kemenag),” katanya.

Kemenag saat ini masih mempersiapkan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta menjadi tempat karantina kepulangan jamaah umrah dari Arab Saudi. Nafit menyampaikan nantinya karantina kepulangan jemaah dapat dilakukan di asrama haji selama sehari.

Untuk hari kedua hingga keenam, mereka kembali dipindahkan ke hotel karantina masing-masing. Mengingat kapasitas Asrama Haji Jakarta hanya 700 kamar. “Sementara ini kita lagi mempersiapkan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta untuk menjadi tempat karantina kepulangan,” tukasnya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini