Innalillahi! Menteri Pendidikan Era Gus Dur Yahya Muhaimin Tutup Usia

0
1273
Innalillahi! Menteri Pendidikan Era Gus Dur Yahya Muhaimin Tutup Usia
Prof. Yahya A Muhaimin.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Menteri Pendidikan Nasional Indonesia ke-23 dan juga tokoh Muhammadiyah Prof. Yahya A Muhaimin meninggal dunia, Rabu (9/2/2022) pagi. Menteri era Presiden Abdurrahman Wahid ini sempat dirawat di Unit Geriarti RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto, Jawa Tengah. Jenazah akan dikebumikan di kampung halaman almarhum di Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Yahya A Muhaimin merupakan guru besar Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) serta mantan Ketua Fokal Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Menurut salah satu mantan mahasiswanya, Bambang Barata Aji, almarhum adalah seorang intelektual yang mumpuni dan guru yang baik.

“Saya sebagai muridnya berduka, meskipun beliau memang sudah sepuh. Warisan beliau sebagai guru tidak akan dilupakan,” ujar pegiat seni dan politikus di Banyumas ini.

Bambang menilai bahwa almarhum bukan hanya guru yang baik, tetapi juga ahli politik ekonomi yang kredibel pada zamannya. Sebagai guru, Yahya Muhaimin mendidik para mahasiswanya agar memiliki semangat keilmuan yang baik. Tak heran banyak murid-muridnya yang sukses, seperti Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Ketua Umum PBNU Gus Yahya Staquf.

Ia juga dinilai menjadi salah satu orang penting di balik kesuksesan jurusan Hubungan Internasional di Universitas Al-Azhar dan Universitas Paramadina karena banyak murid-muridnya di sana.

“Saya terakhir bertemu beliau tahun 2018 waktu sama-sama naik kereta dari Jakarta ke Purwokerto. Saya tahu kabar beliau sudah sakit dan masuk ICU jadi memang tidak diperbolehkan untuk menengok,” kata Bambang.

Ia menolak untuk memberitahu lebih lanjut penyakit almarhum, karena merupakan hak keluarga.

Pada pukul 12.17 WIB jenazah disholatkan oleh keluarga dan kerabat dekat di depan Pemulasaraan atau ruang jenazah RSUD Prof Margono Soekarjo.

Yahya A Muhaimin, juga merupakan tokoh Muhammadiyah kelahiran Bumiayu ini meninggal di usia 79 tahun. Sejak tahun 2019 Prof. Yahya Muhaimin sempat dirawat di beberapa rumah sakit. Kiprah Prof. Yahya Muhaimin terhadap dunia pendidikan sangat luar biasa. Selain menjadi dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM), dirinya merintis dan mengembangkan pendidikan di daerah tempat kelahirannya dan sempat menjadi Rektor Universitas Peradaban di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.

Muhammadiyah kehilangan sosok intelektual muslim yang mumpuni dan berintegritas keilmuan tinggi. Prof Yahya Muhaimin merupakan anggota PP Muhammadiyah periode 2000-2005. (ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini