Bangkitkan Industri Pariwisata, Muhammadiyah Gelar Rakernas Jaringan Wisata

0
570
Bangkitkan Industri Pariwisata, Muhammadiyah Gelar Rakernas Jaringan Wisata
Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PP Muhammadiyah, Heri Zudianto.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Jaringan Wisata Muhammadiyah (JWM) selenggarakan Rapat Kerja Nasional JWM yang dimulai pada 16 sampai 18 Februari dengan tema “Bangkitkan Industri Pariwisata: Tugas Moral Integritas Berkemajuan”.

Pembukaan Rakernas ini diselenggarakan blended pada (17/2) di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Ketua Badan Pengurus Pusat (JWM), Muhsin B. Thoyib Arbas dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan ini untuk mensinergikan antar anggota pengurus, anggota dan seluruh elemen JWM di seluruh Indonesia.

Ia berharap, beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah – ‘Aisyiyah (PTMA) yang memiliki program studi (Prodi) Pariwisata untuk mendukung dan bisa berkolaborasi dengan JWM. Menurutnya, hal itu akan semakin mempercepat aksi JWM dalam mendongkrak dan bangkitkan pariwisata.

Sementara itu, Wakil Rektor UAD, Utik Bidayati yang mewakili rektor dalam memberikan sambutan mengungkapkan bahwa UAD juga memiliki lini bisnis yang beririsan dengan pariwisata. Selain itu, UAD juga diamanahi oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk mengelola Museum Muhammadiyah.

Menurutnya, Muhammadiyah sebagai organisasi Islam tertua di Indonesia yang masih aktif sampai sekarang juga memiliki sisi wisata, terlebih wisata sejarah. Wisata sejarah di Muhammadiyah perlu dikembangkan bukan sebagai sarana untuk mengkultuskan peran tokoh-tokoh pendahulu, tapi sebagai sarana edukasi bagi generasi masa kini.

“Biar mereka (generasi masa kini) tahu bahwa Muhammadiyah bukan hanya bergerak di bidang-bidang tertentu, tapi bergerak hampir di semua bidang dan menyentuh setiap lini kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PP Muhammadiyah, Heri Zudianto menuturkan bahwa JWM harus saling sinergi dan mendorong untuk kemajuan bersama. Ia berharap, ikatan emosional yang dimiliki oleh anggota jaringan mampu membawa angin segar bagi industri wisata.

Pada kesempatan ini Heri juga berharap bahwa, Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah d Surakarta bisa dilangsungkan sebagaimana muktamar-muktamar sebelumnya. Sebab dari pagelaran akbar tersebut, dalam prediksinya, memiliki potensi ekonomi yang luar biasa dan mampu memutar kembali roda ekonomi yang sempat terhenti akibat pandemi covid-19.

Hadir dalam acara Ketua PP Muhammadiyah Bidang Ekonomi Anwar Abbas, Wakil Ketua MPKU PP Muhammadiyah Agus Sulistyo Dunda, Hilman Latief selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Kasiyarno, Ketua PWM DIY Gita Danu Pranata, termasuk Mukhaer Pakkanna Sekretaris MEK PP Muhammadiyah.(Md)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini