Cara Membersihkan Laptop dan Mouse

0
1200
Cara Membersihkan Laptop dan Mouse
Seseorang duduk di depan layar komputer (ilustrasi)
Bagikan Berita Ini

“Debu dapat menumpuk di sekitar ventilasi komputer sehingga mesin menjadi panas.”

TEROPONGMETRO – Membersihkan komputer atau laptop Anda secara teratur bukan hanya tentang membuatnya terlihat bagus. Mengabaikan tugas pembersihan Anda berarti debu dapat menumpuk di sekitar ventilasi komputer Anda, menyebabkan mesin menjadi terlalu panas.

Namun hati-hati, menggunakan metode pembersihan yang salah bisa berakhir lebih berbahaya daripada baik untuk elektronik Anda.  Dilansir dari Which, Selasa (22/2/2022), berikut ini cara untuk membersihkan laptop dan mouse.

  1. Sebelum Anda melakukan pembersihan, matikan laptop Anda dan cabut dari listrik.
  2. Jika bisa, lepaskan baterai dari laptop Anda. Ambil kain microfiber yang kering dan tidak berserabut, lalu usap tutupnya dengan gerakan memutar-ini akan menghilangkan sebagian besar sidik jari dan bekas.
  3. Identifikasi lebih banyak kotoran yang membandel dan gunakan kain microfiber kedua yang sedikit lembab. Sekan noda dengan kain lembab, lalu ganti dengan kain kering untuk menghilangkan sisa. Jangan gunakan kain lembab di sekitar port, soket, atau ventilasi.
  4. Bersihkan ventilasi laptop Anda dengan kain microfiber, berhati-hatilah agar tidak menekan penutup plastik terlalu keras.
  5. Ganti dengan cotton bud dan gunakan itu untuk menghilangkan debu di ventilasi udara yang tidak dapat dijangkau kain Anda. Jangan menusukkan cotton bud ke dalam komputer. Pencegahan adalah obat terbaik untuk debu.
  6. Hindari menggunakan laptop pada permukaan yang dipenuhi debu seperti tempat tidur atau karpet. Anda juga perlu memastikan ada banyak ruang di sekitar ventilasi saat komputer sedang digunakan

Mouse laptop atau komputer tak kalah pentingnya untuk dibersihkan. Karena ini adalah bagian yang paling sering kita sentuh. Kuman dari ujung jari kita dapat dengan mudah berpindah ke permukaan ini saat kita mengeklik.

Ikuti enam langkah berikut untuk membersihkan mouse:

  1. Putuskan sambungan mouse Anda dari laptop atau PC desktop.
  2. Gunakan kain lembab untuk membersihkan di sekitar roda gulir dan celah di antara tombol mouse.
  3. Ambil cotton bud jika ada kotoran yang tidak bisa dijangkau oleh kain.
  4. Bersihkan semua debu yang terkumpul di bagian bawah mouse, karena hal ini dapat memblokir laser optik dan membuat kursor di layar Anda bermasalah.
  5. Bersihkan mouse dengan larutan alkohol.
  6. Akhiri dengan membersihkan dan mendisinfeksi alas mouse Anda.

Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini