Cara Sembunyikan Foto dan Video di Smartphone Android

0
444
ra Sembunyikan Foto di Smartphone Android
Ilustrasi Sistem Android.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menyembunyikan aplikasi atau foto di smartphone. Contohnya, Anda perlu memberikan ponsel kepada orang tua atau teman dan tidak ingin mereka menemukan beberapa foto pribadi Anda.

Orang-orang juga menyimpan detail sensitif di ponsel pribadi mereka seperti dokumen bank atau cadangan kata sandi. Beberapa pengguna juga menggunakan aplikasi seperti “Notes”, yang mungkin menyertakan beberapa info pribadi yang tidak ingin dilihat orang lain.

Terlepas dari apa alasannya, berikut ini adalah cara untuk menyembunyikan beberapa aplikasi atau gambar di ponsel Android mereka.

Cara menyembunyikan aplikasi di smartphone Android

Samsung: Pengguna perlu menekan lama pada layar beranda untuk mengakses lebih banyak opsi. Selanjutnya, ketuk “Pengaturan layar beranda” lalu Sembunyikan aplikasi. Anda sekarang dapat memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari baki Aplikasi dan Layar Beranda.

Jika Anda ingin menghapus aplikasi dari daftar aplikasi Tersembunyi, cukup ketuk ikon minus (-) di samping aplikasi tersebut. Selanjutnya, ketuk Selesai untuk menerapkan perubahan terbaru.

Xiaomi Mi, Redmi, dan Poco: Anda harus menggali dalam pengaturan untuk ponsel Xiaomi. Dilansir dariIndia Today, Selasa (22/2/2022), masuklah ke bagian pengaturan di ponsel Android Anda dan ketuk Aplikasi> Kunci Aplikasi.

Di sini, Anda akan menemukan tab Aplikasi tersembunyi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Anda juga bisa mengatur kata sandi untuk hal yang sama. Jika Anda tidak ingin menyembunyikan aplikasi, Anda cukup menguncinya dengan kata sandi dengan mengikuti proses yang sama.

Realme: Pengguna harus menuju ke Pengaturan> Keamanan> Enkripsi Aplikasi>Masukkan kode sandi privasi> pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan> aktifkan Sembunyikan Ikon Layar Beranda.

Setelah ini, Anda akan diminta untuk mengatur Nomor Akses untuk aplikasi. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan pesan, yang akan menyatakan, “Sembunyikan Ikon Layar Beranda, Jangan Tampilkan di Tugas Terbaru & Jangan Tampilkan Pemberitahuan.” Jika Anda ingin segera mengakses aplikasi tersembunyi, buka papan tombol dan masukkan nomor akses.

Cara menyembunyikan foto atau video di ponsel Android

Untuk foto atau video, Anda cukup menyembunyikan aplikasi Galeri di perangkat Anda jika Anda tidak ingin ada orang yang secara tidak sengaja mengakses gambar pribadi Anda.

Namun, bagaimana jika Anda ingin menampilkan beberapa gambar di aplikasi Galeri? Nah, untuk ini, Anda harus mengunduh aplikasi pihak ketiga dari Play Store yang dapat menyembunyikan beberapa gambar Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat menginstal aplikasi Galeri dari InShot. Di aplikasi ini, ada bagian Pribadi, tempat Anda dapat menyembunyikan aplikasi. Tentu saja, Anda juga harus berurusan dengan iklan.

Beberapa smartphone juga memiliki opsi untuk menyembunyikan foto atau video. Misalnya, pengguna OnePlus akan menemukan opsi “Sembunyikan” setiap kali mereka membuka gambar atau video di aplikasi Galaxy. Untuk ini, Anda harus mengetuk tombol tiga titik, dan aplikasi akan menampilkan fitur “Sembunyikan”.(R)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini