Yogyakarta Punya Surga Kecil di Bukit Pengilon, Nggak Banyak yang Tahu

0
1392
Yogyakarta Punya Surga Kecil di Bukit Pengilon, Nggak Banyak yang Tahu
Fasilitas "glamping" disedikan untuk wisatawan Pengilon Edupark di Desa Pengilon, Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Foto: ANTARA/Heru Suyitno.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal memiliki banyak tempat wisata sekaligus menawarkan keindahan alamnya yang eksotik dan alami.

Bahkan, tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga sering menjelajah berbagai sudut Kota Yogya.

Salah satu rekomendasi yang bisa kamu kunjungi, yakni menikmati liburan di Bukit Pengilon.

Pengilon Edupark yang menempati lahan seluas 5,8 hektare ini merupakan taman wisata untuk edukasi bidang pertanian, perkebunan dan juga ada tempat wisata seperti tempat foto, “camping ground”, “glamping”, dan kolam renang untuk anak.

Nama Bukit Pengilon sendiri dari bahasa Jawa yang memiliki arti cermin. Sebab, hal ini di bukit tersebut terdapat batu yang mirip dengan cermin.

Dari atas ketinggian, wisatawan dapat menikmati kesejukan dan panorama pantai yang memesona.

Di bukit ini bisa juga digunakan untuk melakukan aktivitas camping. Mengingat lokasinya yang sangat cocok dengan hamparan rumput yang luas.

Tak hanya itu, para wisatawan yang tidak ingin menginap juga bisa melihat pemandangan sambil dudukan di kursi-kursi bambu sederhana yang tepat menghadap laut selatan.

Di tempat ini kamu bisa melihat luas hamparan biru samudera hindia dari ketinggian karena memang lokasi Bukit Pengilon di atas bukit yang luas, minim pepohonan maupun bebatuan yang menghalanngi.

Direktur Utama Pengilon Edupark Nazarudin di Temanggung mengatakan Pengilon Edupark di Desa Pengilon juga menggandeng puluhan warga sekitar untuk terlibat dalam pengelolaan wisata kuliner.

“Kami bersinergi dengan pihak desa untuk membuat pasar kuliner, nanti akan kami fasilitasi dan nanti dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ujar Nazarudin dalam keterangannya di Temanggung, Sabtu (26/2/2022).

Tujuan melibatkan masyarakat dalam wisata kuliner ini diharapkan dapat memajukan kesejahteraan masyarakat di wilayah pengilon dan sekitarnya.

Nazarudin menambahkan pihaknya ingin mengembangkan wisata di Pengilon karena lokasinya sangat bagus dan strategis.

Di sini wisatawan dan melihat tujuh gunung yang berada di sekitarnya, antara lain Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu.

“Setelah kami survei, lokasi sangat menarik, panoramanya sangat indah dengan latar belakang sejumlah gunung sehingga sangat mungkin untuk dikembangkan,” jelas dia.

Adapun, obyek wisata ini tepatnya berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Happy Traveling.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini