Dampak Rusia dan Ukraina Yang Mengerikan, Anis Matta Dorong Indonesia Jadi 5 Besar Kekuatan Dunia

0
465
Partai Gelora Sebut Ada Migrasi Pemilih Besar-Besaran Jelang Pemilu 2024
Ketum Partai Gelora, Anis Matta.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina tidak bisa lagi dikatakan sebagai perang proxy semata, tapi harus dipandang sebagai perang supremasi. Perang yang terjadi merupakan perang antarnegara adidaya, antara Rusia dengan AS dan Eropa, sementara Ukraina menjadi korbannya.

Begitu kata Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Anis Matta, menyikapi konflik dua negara tersebut.

“Kalau negara adidaya yang berperang, maka tidak ada aturan lagi, tidak ada yang bisa mengatur mereka. PBB akan mengalami disfungsi, termasuk Dewan Keamanan PBB,” kata Anis Matta dalam keterangannya, Kamis (3/3).

Anis Matta juga menilai perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina akan mendekati titik ledak yang lebih besar. Hal ini harus bisa diantisipasi Indonesia. Karena cepat atau lambat Indonesia bisa terseret dalam dampak perang ini.

“Kenapa Partai Gelora ingin mendorong Indonesia sebagai kekuatan 5 besar dunia, supaya kita tidak menjadi korban (collateral damage),” ujarnya.

Menurut Anis Matta, dunia saat ini akan menantikan tatanan dunia baru di tengah krisis berlarut. Dimulai dari pandemi Covid-19 hingga perang Rusia dengan Ukraina, yang akan berujung pada konflik berlarut secara global.

“Ini yang kita khawatirkan. Dan yang akan terjadi pemenanglah yang akan menentukan aturan. Inilah arah dunia yang sedang terjadi,” paparnya.

Pembentukan proses tatanan dunia baru ini, lanjut Anis Matta, berbeda dengan tatanan dunia lama yang dibentuk oleh pemenang Perang Dunia II. Tapi, pembentukannya akan ditentukan oleh proses rasional masyarakat global, karena dunia semakin terintegrasi.

“Tapi bisakah kita sampai pada tatanan dunia baru, yang tidak terlalu berdarah? Inilah arah yang kita inginkan,” demikian Anis Matta.(ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini