Ukraina Klaim Tewaskan 10.000 Tentara Rusia selama 10 Hari Invasi

0
582
Ukraina Klaim Tewaskan 10.000 Tentara Rusia selama 10 Hari Invasi
Ilustrasi. Tentara Ukraina mengendarai kendaraan lapis baja di luar Kiev, Sabtu (5/3/2022). Pemerintah Ukraina mengklaim telah menewaskan 10.000 tentara Rusia per Sabtu (5/3/2022). (Sumber: Emilio Morenatti/Associated Press).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Presiden Volodymyr Zelensky mengklaim pasukan Ukraina telah menewaskan 10.000 tentara Rusia sejak awal invasi pada 24 Februari hingga Sabtu (5/3/2022).

“Kami menerakan kerugian kepada para penjajah yang tidak akan mereka lihat bahkan di mimpi terburuk mereka,” kata Zelensky dikutip Associated Press.

Klaim bahwa 10.000 tentara Rusia tewas di Ukraina tersebut belum bisa diverifikasi secara independen.

Di lain sisi, Rusia urung memperbarui data jumlah korban mereka di Ukraina. Pada 2 Maret lalu, Moskow menyebut jumlah tentara mereka yang tewas hampir 500 orang.

“Ini mengerikan. Anak 18, 20 tahun… tentara yang bahkan tidak dijelaskan apa alasan mereka bertarung di sini,” kata Zelensky.

Selain itu, Zelensky mengklaim Ukraina menghalau tentara Rusia dari kota-kota penting di tenggara dan tengah Ukraina, seperti Kharkiv, Nikolaev, Chernihiv, dan Sumy.

Klaim Zelensky itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. Ia menyebut Rusia telah kehilangan lebih dari 10.000 tentara di Ukraina.

Kuleba juga menyebut Rusia kehilangan puluhan pesawat dan ratusan kendaraan lapis baja.

“Rusia terus menderita kerugian besar di lapangan, dan saya tidak mengerti bagaiman para ibu, istri, dan putri dari para tentara Rusia ini akan menanggung rasa sakitnya, melihat bagaimana Presiden Putin terus mengirim orang-orang tersayang mereka ke Ukraina,” kata Kuleba.

“Ukraina berdarah, tetapi Ukraina tidaklah jatuh dan masih berdiri tegak,” lanjutnya.

Ini klaim kedua Ukraina mengenai korban tewas dari pihak Rusia. Berselang lima hari setelah invasi, Ukraina mengklaim menewaskan 9.000 tentara Rusia.

Namun media pemerintah Rusia, RIA, membantah mengenai sembilan ribuan orang tentara Rusia tewas. Dalam laporan pertangahan pekan lalu, jumlah tentara Rusia yang tewas tak sampai 500 orang selama invasi.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini