Anies Baswedan Disebut Capres Potensial di Luar Lingkar Kekuasaan Jokowi

0
378
Pengamat: Anies Baswedan Capres 2024 Terkuat dari Oposisi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai satu-satunya capres potensial di luar lingkar kekuasaan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Meski demikian, Anies dianggap tak bisa memanfaatkan kelompok yang kontra terhadap pemerintah. Hal tersebut lantaran kelompok itu tidak bisa memilih Anies.

“Artinya kalau ada presentase masyarakat yang kecewa terhadap pemerintah, oposan sikap politiknya, otomatis dukung Anies karena dari 10 nama ini orangnya Istana semua, all Jokowi’s men. Hanya menyisakan Anies Baswedan. Problemnya orang yang oposan, kritis, orang yang tidak puas terhadap pemerintah tidak mampu dikonversi total oleh Anies,” kata Adi Prayitno, seperti dikutip dari wartaekonomi, Senin (7/3/2022).

Adi kemudian memberikan contoh elektabilitas Anies cenderung kecil jika diikutkan variabel lain.

“Artinya pemilih kritis yang selama ini ada, tidak semua ke Anies. Dia terdistribusi ke tokoh-lain, Abdul Somad, Gatot. Itu artinya orang yang selama ini anti terhadap pemerintah, tidak puas terhadap kinerja Jokowi, tidak otomatis lari ke Anies Baswedan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Adi mengatakan suara pemilih Islam yang kecewa terhadap pemerintah Jokowi tidak otomatis ke Anies. Suara pemilih tersebut terdistribusi ke Prabowo dan Sandiaga Uno.

“Jadi sekali pun Prabowo berkoalisi dengan pemerintah, sedikit banyak dimaafkan pemilih Islam yang kritis,” bebernya.

Akan tetapi, ketika survei tak mengikutkan nama Prabowo dan Sandiaga, maka suara pemilih akan terdistribusi ke Anies.

“Kalau ada sosok Islam yang beririsan dengan kelompok-kelompok Islam lain, kelompok-kelompok kritis yang kecewa terhadap pemerintah, saya kira di situ problem Anies apakah bisa mengonversi kekecewaan umat Islam hanya menjadi miliknya atau justru dia akan terdistribusi ke yang lain,” ungkapnya.(B1)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini