Semprot Gus Nur Tafsirkan Alquran Sembarangan, Gus Baha: Beginilah Ulama Tak Berilmu

0
513
Semprot Gus Nur Tafsirkan Alquran Sembarangan, Gus Baha: Beginilah Ulama Tak Berilmu
KH Ahmad Bahauddin dan Sugi Nur Raharja atau Gus Nur.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Ulama NU, KH Ahmad Bahauddin yang akrab disapa Gus Baha marah besar mendengar pernyataan Sugi Nur Raharja atau Gus Nur yang diduga menafsirkan Alquran sembarangan yang beredar dalam sebuah video di media sosial.

Video viral tersebut beredar melalui unggahan di akun TikTok @yhanshe962. Saat itu, tampak Gus Nur sedang berceramah dan ia tengah mentafsirkan salah satu ayat Alquran.

“Berarti ulama menurut Allah adalah bisa ular, bisa ayam, bisa kambing, bisa manusia. Yang penting takut kepada Allah,” kata Gus Nur dalam video yang beredar, Minggu (6/3/2022).

Gus Baha mengomentari pernyataan tersebut. “Kacau nggak, kira-kira? Kacau. Orang membaca tafsir memakai pendapatnya sendiri itu sama dengan memesan satu tiket ke neraka,” katanya.

Menurut Gus Baha, tidak boleh seseorang mentafsirkan Alquran menggunakan pemikiran sendiri. Menafsirkan ayat Allah harus menggunakan rujukan dari kitab-kitab.

“Percaya deh sama saya, kalau berani mengajar tafsir. Mengajarlah dengan kita saja. Berarti kamu membaca pendapatnya Imam Suyuthi karena Imam Suyuthi mewakili pendapat gurunya yang nasabnya sampai ke Rasullullah,” katanya.

“Seminar tafsir tanpa kitab, mau ngomong pendapatmu atau pendapatnya Tuhan? Syariat kok menurut saya gimana, gitu. Kayak perlu diislamkan lagi,” lanjutnya.

Tidak hanya Gus Baha, unggahan video Gus Nur itu pun langsung diserbu komentar warganet.

“Benarkan kata Gus Dur, akan ada masa bukan keluarga pesantren ngajinya gak jelas. Gurunya gak jelas dipanggil ustad,” kata akun @abah6**.

“Sugik itu kok ada yang ngangkat jadi ustad, emang belajarnya dimana,” kata akun @denbagus**.

“Hahaha, beginilah ulama tidak berilmu menafsirkan seenak sendiri. Malulah dengarin tuh Gus Baha,” kata akun @adamdam**.

“Dengar cara ndalilnya aja dah lucu, mungkin belajar pakai tulisan ABC bukan tulisan Arab, boro-boro tajwid,” kata akun @ramane**.

Sebelumnya, Gus Nur sempat dikecam lantaran mengumandankan azan sembari meniru gonggongan anjing.

Video itu diunggah di kanal Youtube Manusia Plural dengan melampirkan keterangan “SUGIK NUR YANG SEJATI MENISTA ADZAN! GUS YAKUT, TOA, GONGGONGAN ANJING TANGKAAPP!!, 26 Februari 2022 lalu.

Belum genap 24 jam diunggah, video tersebut langsung mendapatkan kecaman dari berbagai pihak.(Su)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini