Peringati Milad ke 38, UM Surabaya siapkan Festival Literasi Semeru 2022

0
654
Milad ke 38, UM Surabaya siapkan Festival Literasi Semeru 2022
Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menggelar pembukaan milad ke 38 di Gedung At-Tauhid Tower Lantai 13 pada Rabu (9/3/2022).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menggelar pembukaan milad ke 38 di Gedung At-Tauhid Tower Lantai 13 pada Rabu (9/3/2022). Acara pembukaan milad ini dihadiri secara blended oleh seluruh dosen dan tenaga pendidikan UM Surabaya.

Pada Milad kali ini, UM Surabaya mengangkat tema “Tumbuh Mengakar”. Sebuah semangat serta pengingat bahwa Universitas Muhammadiyah Surabaya akan terus tumbuh dan mengakar  dalam segala bidang. Tumbuh dari segi infrastruktur ataupun sarana prasarana, potensi sumber daya manusia serta aspek lainnya. Mengakar yang memiliki makna bahwa Universitas Muhammadiyah Surabaya akan terus menebar kebermanfaatan kepada persyarikatan, bangsa dan negara melalui ilmu, prestasi dan inovasi yang akan terus diukir tiada akhir.

Ketua Pelaksana milad UM Surabaya ke 38, Radius Setiyawan, menyampaikan bahwa rangkaian milad kali ini akan diisi beragam kegiatan yang melibatkan partisipasi dari segenap civitas akademika dan masyarakat dalam bidang keilmuan serta pengabdian, salah satunya adalah kegiatan Festival Literasi Semeru.

“Milad ke 38 ini, UM Surabaya menyiapkan program Festival Literasi Semeru 2022 dengan serangkaian kegiatan di antaranya Sekolah Alam,  Kompetisi Anak Cerdas, Pemeriksaan Kesehatan, dan Lomba Fotografi” ujar Radius

Dalam sambutannya, Rektor UM Surabaya, Sukadiono, menyampaikan beragam raihan prestasi dari dosen maupun mahasiswa baik bidang akademik maupun non akademik. Beberapa prestasi di bidang akademik yang telah diraih di antaranya:

Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yaitu dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D), Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN), Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Dalam program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tim Hima Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam mendapatkan juara 2 Kategori Ormawa dan Juara Favorit Kategori Ormawa serta Juara 3 kategori Dosen Pembimbing Terbaik, yang diraih oleh Arin Setiyowati, MA.

Dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Muhammadiyah Surabaya mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam Anugerah Diktiristek 2021 sebagai, Sebagai

Perguruan Tinggi dengan Mata Kuliah yang Diikuti Mahasiswa dari Luar Kampus Terbanyak dalam Program Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri 2021.

Raihan prestasi non akademik juga tidak kalah membanggakan, 9 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya telah menyumbang prestasi dengan meraih emas maupun perak dari berbagai cabang olahraga dalam PON XX di Papua. Sedangkan di tingkat nasional maupun regional prestasi dari atlet sekaligus mahasiswa umsurabaya terus bertambah dari berbagai cabang olahraga mupun komunitas seperti, karate, jujitsu, tapak suci maupun olahraga e-sport.

“Capaian tersebut tentu tidak memakan waktu yang singkat, proses panjang yang telah dilalui UM Surabaya dengan beragam upaya yang diusahakan serta dorongan kuat untuk terus memberikan kebermanfaatan bagi warga sekitar” ujar Sukadiono

Rektor UM Surabaya, Sukadiono, menyatakan bahwa milad ke 38 ini menjadi momen penting bagi civitas akademika UM Surabaya selain untuk merefleksikan pencapaian-pencapain yang sudah diperoleh juga pentingnya melakukan akselerasi, tumbuh dan mengakar dalam lapisan masyarakat.

“Sebagai bentuk rasa syukur, dengan usia ke 38, UM Surabaya akan menfokuskan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian di Semeru” ujar Sukadiono.(Rb)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini