KPU Denpasar Gelar Sosialisasi Rancangan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024

0
354
KPU Denpasar Gelar Sosialisasi Rancangan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menggelar sosialisasi Rancangan PKPU Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemiliihan Umum, Rabu (9/3/2022) melalui dalam jaringan zoom cloud meeting.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menggelar sosialisasi Rancangan PKPU Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemiliihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dalam Rancangan PKPU tersebut diulas kebijakan-kebijakan serta isu-isu strategis. Rabu (9/3/2022) melalui dalam jaringan zoom cloud meeting.

Sosialisasi dalam rangka persiapan menghadapi pemilu serentak 2024 agar partai politik (parpol) bisa mempersiapkan diri lebih awal.

sosialisasi diikuti oleh Bawaslu, Forkompinda, pimpinan partai politik se- Kota Denpasar serta dihadiri pegiat pemilu dan para jurnalis. Sebagai narasumber kegiatan ini yakni anggota divisi teknis KPU Denpasar I Made Windia.

Proses pendaftaran dan verifikasi sendiri direncanakan akan berlangsung pada pertengahan 2022, diawali dengan tahapan persiapan pendaftaran selama 120 hari dan dilanjutkan dengan tahapan pengumuman pendaftaran.

“Oleh karenanya sosialisasi ini ingin mengawali untuk memberikan informasi kepada stakeholder atau para pihak yang membutuhkan informasi sedini mungkin, guna menyongsong pemilu 2024 yang lebih baik,” ujar Ketua KPU Wayan Arsa saat membuka sosialisasi secara daring.

Ketua KPU Wayan Arsa mengatakan kebijakan yang dimaksud adalah misalnya Rancangan PKPU mengatur mengenai Pelaksanaan Persiapan Pendaftaran Partai Politik, agar Partai Politik dapat menyiapkan dan memastikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sehingga memudahkan dalam proses pendaftaran.

Arsa Jaya, menghimbau agar setiap parpol mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku. “Kalau kita semua bekerja sesuai prosedur, semua tahapan akan dapat terlaksana dengan baik”, tambahnya.

Sementara itu, anggota divisi teknis yang didapuk sebagai narasumber mengatakan Isu strategisnya adalah Paper less, dengan upaya pemaanfatan Kemajuan Teknologi penggunaan hard copy (dokumen fisik dapat dikurangi).

Hal lain yang disampaikan dalam sosialisasi juga terkait isi dalam Rancangan PKPU bahwa Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemiliu yaitu secara sentralistik di KPU RI, serta Putusan MK Nomor 55/PUU-XVIII/2020 tentang bagaimana proses Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Faktual terhadap Partai Politik.

Lanjutnya, kebijakan KPU yaitu bersifat Mudah, Murah, Cepat, Transparan, Akuntabel. Termasuk persyaratan Partai Politik menjadi Peserta Pemilu, soal dokumen keanggotaan parpol yang dilengkapi dengan kartu tanda anggota serta dilampirkannya salinan photo copy KTP elektronik.

“Dalam sosialisasi ini yang penting disampaikan kepada parpol adalah mengenai mekanisme dan proses. Yaitu mengenai dokumen persyaratan yang perlu disampaikan ke KPU,” terangnya.

“Pentingnya sosialisasi Rancangan PKPU Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD, sebagai sinergisitas yang selama ini sudah berjalan dengan baik kepada pemangku kepentingan agar tetap terlaksana dalam tahapan demi tahapan dapat berlajalan lancar dan sukses seperti harapan kita bersama”.tutupnya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini