Sah! Jokowi Lantik Bambang Susantono-Dhony Rahajoe Jadi Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN

0
459
Sah! Jokowi Lantik Bambang Susantono-Dhony Rahajoe Jadi Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN
Bambang Susantono (kiri) dan Dhony Rahajoe (kanan) usai dilantik sebagai Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) periode 2022-2027.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Presiden Joko Widodo resmi melantik melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe menjadi Kepala-Wakil Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Prosesi pelantikan keduanya diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 9M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Bambang dan Dhony menirukan ucapan Jokowi saat prosesi tersebut didampingi dengan rohaniwan.

“Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara-saudara diambil sumpahnya menurut agama masing-masing,” kata Jokowi sebelum memimpin sumpah jabatan.

“Bersedia,” jawab keduanya.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar RI 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” demikian sumpah jabatan yang dibacakan.

Terkait dengan penunjukan Kepala Otorita IKN, hal ini sudah diatur dalam Pasal 5 Ayat 4 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN yang menyebutkan kepala otorita ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan presiden setelah berkonsultasi dengan DPR RI.

Sebagai informasi, Bambang merupakan mantan Wakil Menteri Perhubungan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia juga dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Sementara Dhony terkenal di dunia properti dan pengembang. Dia saat ini tercatat menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini