Profil Menag Yaqut: Cucu Kiai Besar yang Memiliki Silsilah NU

0
558
Menag Yaqut Ucapkan Selamat Idul Fitri Bawa-bawa 7 Juta Anggota Ansor, Netizen: Norak Amat Sih!
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Menag Yaqut kerap menjadi buah bibir masyarakat gara-gara pernyataan yang dilontarkan. Setelah dituding menyamakan suara azan dan gonggongan anjing, kini Menteri Agama bernama lengkap Yaqut Cholil Qoumas itu membetot perhatian publik lantaran menyatakan label halal MUI secara bertahap tidak berlaku setelah Badan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama merilis logo halal Indonesia, Minggu (13/3/2022).

Menag Yaqut sering menimbulkan kontroversi setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Desember 2021. Utamanya terkait kebijakannya yang terkesan tidak pro terhadap umat Islam. Padahal Menag Yaqut adalah sosok yang lahir dan tumbuh di lingkungan pesantren. Bahkan ayahnya adalah seorang kiai besar Nahdlatul Ulama (NU).

Dikutip dari situs resmi NU, Menag Yaqut lahir di Rembang, Jawa Tengah, 4 Januari 1975. Ia besar di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang. Yaqut dibimbing dan dibina langsung ayahandanya yang merupakan ulama terkemuka asal Rembang, KH Cholil Bisri, kakak KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus).

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu tidak hanya meneladani pendidikan agama. Dia juga menempuh studi di pendidikan umum, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Studi perguruan tingginya juga ia tempuh di kampus umum, yakni Universitas Indonesia (UI) pada Jurusan Sosiologi meski tidak sampai lulus.

Selain seorang ulama, ayah Menag Yaqut merupakan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Untuk itu, tak heran bila Menag Yaqut merupakan kader PKB di Rembang dan dipercaya menjadi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Rembang (2001–2014).

Pada 2005, Menag Yaqut terpilih sebagai Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010. Kemudian, lima tahun berikutnya, ia terpilih sebagai Anggota DPR periode 2015-2019 melalui jalur Pengganti Antarwaktu (PAW) menggantikan Hanif Dhakiri yang dilantik menjadi Menteri Ketenagakerjaan. Di saat yang bersamaan dia juga terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor 2015–2020.

Pada periode 2019-2024 saudara kandung dari Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Qoumas atau Gus Yahya ini kembali terpilih menjadi anggota legislatif di Senayan. Namun, baru setahun menjabat, ia diangkat menjadi Menteri Agama mengantikan Fachrul Razi. Sehari setelah dilantik, Menag Yaqut berjanji melindungi hak-hak komunitas Syiah dan Ahmadiyah di Indonesia, yang menghadapi persekusi di Indonesia. Ia juga menjelaskan niatnya untuk mencegah penyebaran populisme Islam di Indonesia. Demikianlah silsilah Menag Yaqut yang besar dari keluarga NU. Semoga bermanfaat.(Si)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini