Begini Cara Mengolah Daun Ciplukan Untuk Obat Kanker

0
585
Begini Cara Mengolah Daun Ciplukan Untuk Obat Kanker
Pohon Ciplukan yang dapat mengobati Kanker Payudara.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Begitu banyak manfaat dari sebuah tanaman yang bernama ciplukan, sehingga  jangan sampai ciplukan hanya dipandang sebagai gulma semata, mari kita rubah pola pikir kita untuk memanfaatkan ciplukan dari tanaman pinggiran menjadi tanaman komersial yang bisa mendatangkan sejuta manfaat.

Pada prinsipnya manfaat sebagi obat dapat diperoleh dari semua bagian tumbuhan ciplukan. Biasanya di toko obat herbal ciplukan dijual dalam bentuk brangkasan kering. Untuk mengkonsumsinya bisa direbus dulu dengan air lalu disaring dan meminumnya.

Namun jangan sampai melewati satu hari perebusan karena khasiatnya akan rusak. Sedangkan konsumsi buah bisa langsung di makan pada saat buah ciplukan matang.

Berikut ini beberapa khasiat dan cara meracik ramuan herbal berbahan buah ciplukan, dari beberapa bagian tubuh buah ciplukan.

AKAR CIPLUKAN

Untuk bagian akarnya, ciplukan ini memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti mengobati diabetes melitus.

Mulai dari memilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur tua, tanaman tersebut dicabut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan. Sebelum direbus, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu.

Kemudian rebus akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar-benar mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air saja. Berikutnya ambil air yang tersisa dan saring hingga bersih dari akar, minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.

BUAH CIPLUKAN

Buah ciplukan banyak sekali manfaatnya untuk dijadikan sebagai obat diantaranya adalah : mengobati penyakit ayan atau epilepsi, membantu menurunkan darah tinggi/hipertensi, mengobati sakit paru-paru,  mengobati sakit tenggorokan, mengobati sariawan dan gusi berdarah.

Ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang begitu banyak pada buah ciplukan. Dalam  140 gram buah ciplukan terdapat 15,4 mg vitamin C. Selain itu buah ciplukan dapat digunakan untuk memperlancar air kencing atau diuretik.

Adapun cara untuk mengobatai beberapa penyakit tersebut adalah sebagai berikut

– Mengobati penyakit ayan/epilepsi : konsumsi sekitar 10 butir buah ciplukan setiap hari. Kandungan pada buah ciplukan membantu mengatasi ayan secara berkala.

– Membantu menurunkan darah tinggi/hipertensi:  ambil buah ciplukan sebanyak paling tidak 5 gram, rebus dengan air kurang lebih sebanyak 100 ml selama 10 sampai 15 menit sambil terus diaduk. Kemudian saring air rebusan tadi dan dinginkan sejenak dan minum 2 kali sehari.  Hal yang perlu di ingat adalah jangan terlalu lama menyimpan karena akan mengurangi bahkan menghilangkan senyawa/zat-zat penting yang terkandung di dalamnya.

–  Mengobati sakit paru-paru : Ambil semua bagian dari ciplukan direbus sampai mendidih dengan air sebanyak 3 atau 5 gelas, lalu disaring kemudian minumlah, 3 kali sehari dan kalau bisa rutin setiap harinya.

– Menambah imunitas : Makanlah buah ciplukan segar. Dengan mengkonsumsi buah ciplukan yang juga terdapat kandungan polifenol yang merupakan senyawa antioksidan dapat mengatasi peradangan disaat kekebalan tubuh terganggu.

DAUN CIPLUKAN

Daun ciplukan dapat digunakan untuk melawan kanker. Hal ini didasari oleh beberapa penelitian kesehatan, bahwa steroid yang terdapat pada daun dan buah ciplukan telah terbukti mampu melawan dan membunuh sel-sel ganas kanker yang tumbuh secara ganas dalam tubuh.

Dalam studi tersebut telah membuktikan bahwa ramuan buah ciplukan ternyata mampu mengecilkan ukuran tumor atau kanker tersebut. Selain itu daun ciplukan juga bisa untuk mengobati bisul, mengobati borok, mengobati batuk rejan serta mengurangi penyakit paru-paru, mengobati penyakit flu, obat radang tenggorokan serta obat kencing manis.

Caranya adalah dengan meminum rebusan daun ciplukan secara rutin setiap hari hingga penyakitnya hilang.(Red/Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini