Paguyuban Perkumpulan Warga Gresik Gandeng PMI Bali Gelar Donor Darah Rutin

0
360
Paguyuban Perkumpulan Warga Gresik Gandeng PMI Bali Gelar Donor Darah Rutin
Paguyuban Perkumpulan Warga Gresik Gandeng PMI Bali Gelar Donor Darah Rutin.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Perkumpulan Warga Gresik Bali (Pager Bali) menggelar Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah yang kedua kalinya, kegiatan ini menggandeng Palang Merah Indonesia Provinsi Bali. Donor darah yang berlangsung dari mulai pukul 09.00 hingga 12.30 Wita ini berlangsung dengan baik dan tetap mengikuti protokol Kesehatan, yang bertempat di jalan raya tangkuban perahu no 63 atau tepatnya (CV. ANDRE GLASS).

Ketua panitia Imron Zaid mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dari Pager Bali yang bertujuan membantu PMI dan masyarakat yang membutuhkan, khususnya yang memerlukan donor darah. Sejak pandemi Covid-19 melanda, terjadi penurunan jumlah pendonor darah signifikan, sedangkan kebutuhan donor darah tetap tinggi.

“Ayo Berdonor, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan,” ujarnya, Minggu (20/3/2022).

Menurutnya, mengacu pada Palang Merah Amerika, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa dan disebut-sebut jika donor tersebut dibutuhkan setiap dua detik.

“Hal ini mampu menjadi momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan, sekaligus menyehatkan tubuh. Ada banyak manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh pendonor,” ungkapnya.

Menurut penelitian dari Mental Health Foundation, donor darah juga bisa menjaga kesehatan emosi seseorang. Membantu orang lain, seperti mendonorkan darah bisa mengurangi tingkat stres hingga membantu menghilangkan perasaan negatif, terangnya.

Ditempat yang sama, Pembina Pager Bali Harry Sumarno mengungkapkan, donor darah sangat dibutuhkan karena di kota Denpasar akan selalu ada orang dengan kondisi kesehatan yang membutuhkan sumbangan darah sesuai golongan dan rhesus atau jenisnya.

“Jadi niat kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan serta membantu Palang Merah Indonesia yang saat ini kekurangan stok darah.”, ucap Harry Sumarno.

Sementara itu, Bapak Putu Nik Kurniawan menyampaikan apresiasi kepada semua warga Pager bali dan semua pihak yang terlibat bahwa kegiatan ini sangatlah baik dan positif sebagai wujud akan kepedulian terhadap kemanusiaan. Terlihat pula armada ambulan FKPJ (Forum Komunikasi Paguyuban Jawa Timur) yang standby dilokasi sebagai bentuk persiapan tindakan darurat dan reaksi cepat apabila diperlukan.

Kegiatan ini di hadiri pula oleh Ketua Umum Pager Bali Hadi Utomo, A. Md, Par serta para dewan penasehat, dewan pembina dan tokoh Pager Bali diantaranya  Harry Sumarno, SE., SH., BKP,  H Noerman Effendi, H Pandri, H Saad Kristiawan, Erry Wibowo dan  Daniel Fajri.

Dampak positif apabila seseorang rutin melakukan donor darah adalah dengan menyumbangkan kurang lebih 500 cc darah dari tubuh tetap malah meningkatkan sel darah merah sebab secara alami, sel darah merah dalam tubuh kita berusia 120 hari. Artinya, dalam waktu tersebut, setiap harinya akan ada regenerasi sel darah merah, ada yang hancur dan diproduksi baru.(Din)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini