Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan IPU ke-144, DPD IMM: Bangkitnya Pariwisata dan Ekonomi Bali

0
363
Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan IPU ke-144, DPD IMM: Bangkitnya Pariwisata dan Ekonomi Bali
Provinsi Bali menjadi tempat perhelatan Sidang Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di BICC Nusa Dua, Badung, pada 20–24 Maret 2022.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Provinsi Bali menjadi tempat perhelatan Sidang Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di BICC Nusa Dua, Badung, pada 20–24 Maret 2022. Kesempatan tersebut menunjukkan kesiapan Bali untuk menyelenggarakan event internasional pasca terdampak Pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Bali, Irfani Maulana.

Inter-Parliamentary Union (IPU) merupakan kerja sama antarparlemen lintas negara yang menjadi forum demokrasi terbesar kedua dunia setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Pelaksanaan Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali menjadi sebuah momentum yang baik. Pertemuan parlemen dunia tersebut bisa menjadi pendongkrak ekonomi dan pariwisata yang terdampak Pandemi Covid-19.”

Menurutnya, sudah sejak lama Bali mempersiapkan diri untuk menyambut kebangkitan pariwisata pada era kenormalan baru. Terlebih dibukanya penerbangan internasional yang memungkinkan wisatawan mancanegara datang ke Bali.

Pria yang memiliki sapaan akrab Irfan itu juga optimis bahwa Bali bisa menjadi percontohan untuk penyelenggaraan acara skala internasional. Hal itu juga didukung dengan pelaksanaan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang sangat baik.

“Bali sebenarnya sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah event internasional. Capaian vaksinasi juga menunjukkan tingkat keseriusan pemerintah beserta seluruh elemen masyarakat untuk segera bangkit dari pandemi.”

Terkait tema IPU “Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change”, Irfan mengatakan bahwa isu lingkungan patut menjadi perhatian bersama. Oleh karena itu ia turut mendorong adanya tindakan nyata dalam menyikapi isu perubahan iklim.

“Sementara itu, sebagai tuan rumah, Indonesia memiliki peran strategis bisa memimpin sidang parlementer dunia. Sehingga, seharusnya Indonesia mampu memanfaatkan forum tersebut dalam menginisiasi tindakan nyata. Termasuk juga menjadi bukti kesiapan Indonesia menuju perhelatan G20 mendatang.”

Irfan menegaskan bahwa DPD IMM Bali siap mengawal kebijakan yang akan menjadi deklarasi bersama hasil perundingan internasional yang mendukung kemajuan dan keberlanjutan lingkungan hidup yang lebih baik ke depannya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini