Rusia Dan Ukraina Bertukar Tawanan Perang

0
291
Rusia Dan Ukraina Bertukar Tawanan Perang
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berjalan di dekat satu bangunan tempat tinggal yang terkena puing-puing dari serangan roket, di Kyiv, pada Minggu 20 Maret 2022, ketika pasukan Rusia mencoba mengepung ibu kota Ukrania. (Foto: AFP)
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Rusia dan Ukraina telah bertukar tawanan perang pada Kamis (24/3/2022) yang menjadi pertukaran tentara pertama sejak Moskwa memerintahkan pasukan ke Ukraina satu bulan lalu.

“Mengikuti perintah dari Presiden Volodymyr Zelensky, pertukaran tawanan perang pertama telah dilakukan,” tulis Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk di Facebook.

“Sebagai imbalan atas 10 penjajah yang ditangkap, kami menyelamatkan 10 prajurit kami,” katanya, merujuk pada pasukan Rusia dan Ukraina.

Vereshchuk juga mengatakan bahwa 11 pelaut sipil Rusia yang diselamatkan di dekat kota pelabuhan Laut Hitam Odessa ditukar dengan 19 awak kapal sipil Ukraina yang ditahan oleh Moskwa.

“Saya mengonfirmasi informasi mengenai pertukaran 10 prajurit Rusia yang ditahan di wilayah Ukraina dengan 10 prajurit Ukraina. Dan ada juga pertukaran pelaut sipil Rusia dengan pelaut sipil Ukraina,” kata ombudsman hak asasi manusia Rusia Tatiana Moskalkova.

Kementerian luar negeri Rusia menyatakan awal pekan ini bahwa Moskwa telah menyelesaikan dua pertukaran tawanan sejak meluncurkan invasi ke Ukraina akhir bulan lalu.

Moskalkova mengatakan sembilan tahanan Rusia ditukar dengan walikota Melitopol, sebuah kota di tenggara Ukraina yang direbut oleh tentara Rusia.

Pada Rabu, Vereshchuk mengonfirmasi pertukaran Melitopol tetapi membantah telah terjadi pertukaran lainnya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini