Wapres Berharap Penetapan Awal Ramadhan Sama dengan Muhammadiyah

0
7332
Wapres Ma'ruf Amin: Masyarakat Boleh Mudik Tapi Jangan Lepas Masker
Wakil Presiden Ma'ruf Amien.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap penetapan awal Ramadhan pemerintah sama dengan Muhammadiyah. Hal ini disampaikan Wapres lantaran ada potensi penentuan awal puasa tahun 2022 ini berbeda.

Muhammadiyah sudah mengeluarkan keputusan awal Ramadhan jatuh pada Sabtu (2/4/2022). Sedangkan, pemerintah bakal menggelar sidang itsbat penentuan awal Ramadhan 1443 Hijriyah pada Jum’at (1/4/2022).

“Kalau awal Ramadhan itu kan memang kecuali Muhammadiyah sudah ada kesepakatan sistem atau cara penetapan melalui sidang itsbat di Kementerian Agama. Diharapkan tahun ini masih sama antara Muhammadiyah dan pemerintah,” kata Wapres dalam keterangan persnya di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Wapres menjelaskan, penetapan awal Ramadhan antara Muhammadiyah dan pemerintah memiliki pendekatan berbeda. Jika Muhammadiyah menggunakan metode hisab wujudul hilal, pemerintah menggunakan metode imkanur rukyat atau mengamati langsung hilal minimal dua derajat.

Ia mengatakan, jika melihat tahun ini kemungkinan lebih dari dua derajat, penetapan awal puasa akan sama. “Mudah-mudahan sama,” lanjut Wapres.

Namun, jika nantinya tidak sama, Wapres menilai tidak akan menjadi masalah. Sebab, selama ini, sudah ada toleransi dalam penetapan awal puasa.

“Itu sudah ada semacam pemahaman bersama ya. Artinya ada toleransi, ya misalnya Muhammadiyah dengan pendekatan namanya wujudul hilal, kalau dia asal ada hilal. Tapi kalau pemerintah itu ada imkanur rukyah, kemungkinan rukyah, minimal dua derajat,” kata dia.(R)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini