Harga Pertamax Naik Mulai Besok, Erick Thohir: Ya Mohon Maaf

0
1548
BREAKING NEWS: Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI 2023-2027
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Menteri BUMN Erick Thohir buka suara mengenai BBM jenis Pertalite yang diputuskan pemerintah menjadi jenis BBM khusus penugasan atau BBM bersubsidi. Sedangkan harga bensin Pertamax (RON 92) yang dijual PT Pertamina (Persero) akan naik besok, Jumat, 1 April 2022.

Karena BBM jenis pertalite akan disubsidi pemerintah, maka kemungkinan BBM jenis Pertamax naik. Hal ini ia sampaikan dalam kuliah umum di Universitas Hasanuddin pada 30 Maret 2022.

Erick mengatakan, ini karena Pertamax bukan lah produk BBM yang disubsidi. Namun demikian, dia menegaskan pemerintah masih memberikan subsidi pada bensin Pertalite (RON 90), sehingga harga bensin Pertalite tidak berubah.

“Pemerintah sudah memutuskan Pertalite dijadikan subsidi, Pertamax tidak. Jadi kalau Pertamax naik ya mohon maaf, tapi kalau Pertalite subsidi tetap,” katanya dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, disiarkan melalui saluran YouTube, Rabu (30/3/2022).

Dia menyebut, subsidi BBM yang digelontorkan pemerintah telah mencapai puluhan triliun per tahun. Di sisi lain, pemerintah juga hadir dengan memberikan bantuan sosial dan lainnya.

“Jadi, pemerintah hadir, tapi gak mungkin pemerintah hadir sendiri kalau rakyatnya, masyarakatnya gak ngisi hal yang terjadi dinamika perubahan ke depan,” ujarnya.

Kenaikan harga Pertamax ini dipicu oleh semakin beratnya beban keuangan perusahaan akibat harus menanggung selisih antara harga pasar dan harga jual Pertamax. Harga pasar Pertamax pada Maret ini disebut telah mencapai Rp 14.526 per liter, sementara harga jual Pertamax hingga kini masih ditahan pada Rp 9.000 per liter.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini